WR I Hantarkan Mahasiswa KKN-76 ke Kabupaten Banyuasin

Penyerahan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 76 secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Bupati Kabupaten Banyuasin Askolani dari Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Adil. Doc. Humas UIN RF

UIN RF – Ukhuwahnews | Wakil Rektor I Dr. Muhammad Adil melakukan penyerahan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 76 secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Bupati Kabupaten Banyuasin Askolani. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Bundar Kabupaten Banyuasin. Senin (10/01/22).

2000 mahasiwa dari berbagai Fakultas serta Prodi di UIN Raden Fatah Palembang akan ditempatkan pada 150 desa yang tersebar di 10 Kecamatan dalam Kabupaten Banyausin.

Wakil Rektor I UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Muhammad Adil mengatakan, KKN termasuk dalam Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa. Selain itu, KKN bertujuan untuk pengimplementasian ilmu yang diterima mahasiwa di bangku perkuliahan.

“Diharapkan mahasiswa UIN ini dapat mengintrasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah dan lebih baik lagi jika mahasiswa kita ini bisa menimba ilmu melalui pendekatan dengan masyarakat secara lagsung,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Adil mengungkapkan jika KKN kali ini merupakan agenda kolaboratif antara UIN Raden Fatah dan Universitas Gajah Mada (UGM) setelah melakukan MoU bersama serta menetapkan pelaksanaan agenda tersebut di Kabupaten Banyuasin.

“Setelah melakukan kajian pihak UGM sepakat untuk melaksankan kegiatan kolaboratif ini di daerah Sungsang dan Banyuasin,” ujarnya.

Baca juga: Mau KKN? Yuk Siapkan Diri dengan Beberapa Tips Berikut

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) sebagai pelaksana kegiatan KKN, Prof. Dr. Paisol Burlian menyampaikan laporan dasar hukum KKN mengenai keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor 334 tahun 2020 tentang petunjuk teknis pelaksanaan KKN di masa Pandemi.

Tidak hanya melaporkan laporan dasar KKN, beliau juga membacakan kalender akademik semester genap 2021/2022 terkait kegiatan KKN, Surat Bupati Banyuasin nomor 450 tahun 2021 tanggal 15 oktober 2021 perihal pelaksanaan KKN, penentuan tema KKN, jumlah peserta KKN, jumlah Dosen Pendamping Lapangan (DPL) sebnayak 60 orang serta target pelaksanaan KKN.

“Ditargetkan pelaksanaan agenda ini dapat menciptakan kesadaran diri pada masyarakat akan pentingnya dunia pendidikan dan berkembangnya potensi sumber daya manusia yang dinamis, aktif serta progresif,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Banyuasin Askolani Jasi,S.H, M.H mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika UIN Raden Fatah yang telah mempercayakan kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk melaksankan kegiatan KKN.

Reporter: Siti Alicia Zahirah
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *