UMPTKIN Dimulai Hari ini, Peserta Diimbau Siapkan Koneksi Stabil

Dengan menggunakan Handphone masing-masing para calon mahasiswa baru UIN Raden Fatah mengikuti UMPTKIN yang menerapkan pola Seleksi Secara Elektronik (SSE). Ukhuwahfoto/Krisna Aldrin Gunawan. (Ilustrasi)

UIN RF – Ukhuwahnews |UIN Raden Fatah Palembang melaksanakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) dengan menerapkan pola Seleksi Secara Elektronik (SSE) yang telah berlangsung sejak hari ini, tanggal 24 Mei hingga 2 Juni 2021 mendatang.

Salah satu Pengawas UMPTKIN Abdullah Sahroni mengatakan bahwa tes UMPTKIN ini dilakukan dengan pola Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara online dan dikerjakan di rumah masing-masing.

“Tes UMPTKIN tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, menggunakan aplikasi SSE secara daring yang akan dilaksanakan 24 Mei hingga 2 Juni 2021, batas waktu 120 menit  dengan 100 butir soal,” jelasnya saat diwawancarai via WhatsApp, Minggu (23/05/2021)

Untuk aplikasi SSE dapat diunduh dilaman https://um-ptkin.ac.id. Cara pengoperasiannya tergolong mudah. Kendati demikian terdapat webcam guna menghalau terjadi kecurangan sebab diawasi oleh pengawas.

Lebih lanjut, Abdullah menambahan, kendala dalam tes berbasis SSE berpusat pada koneksi jaringan dan mengimbau agar para peserta tes mempersiapkan semuanya.

“Kepada calon mahasiswa yang di dusun, sebaiknya mempersiapkan semuanya terutama sinyal. Sebab jika jaringan terputus susah untuk login kembali,” tambahnya.

Selain itu, salah satu peserta UMPTKIN Sulistia Warningsih mengungkapkan, UMPTKIN yang dilakukan secara online ini sangat baik untuk menghindari virus Corona.

“Menurut saya, UMPTKIN ini dilaksanakan secara online bagus karena virus Corona masih marak menyebar,” ucapnya.

Ia juga menuturkan, kalau dirinya mempelajari materi tes sendiri di rumah tanpa mengikuti Try Out UMPTKIN.

“Saya mempelajari soal-soal UMPTKIN dari rumah dan lebih memperbanyak soal Bahasa Arab dan Hadist. Sebab dua materi itu sangat sulit,” tuturnya.

Terakhir, Sulistia berharap untuk teman-teman seleksi lainnya tetap semangat, tetap berusaha serta berdoa.

“Saya berharap semoga saya dan calon mahasiswa baru lulus dengan pilihan masing-masing. Untuk teman-teman tetap semangat kita berjuang bersama-sama,” tutupnya.

Reporter : Wiardini Yuli Suwanti, Ananda Putri Aisyah
Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *