UIN RF Tuan Rumah PKM PTKIN, Cabor Catur jadi Pembuka

UIN RF – Ukhuwahnews | Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang menjadi tuan rumah acara Pekan Kreativitas Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PKM PTKIN) se-Sumatera. Sebanyak 22 PTKIN mengikuti kegiatan yang kemudian dilanjutkan dengan perlombaan catur di Gedung Asrama Haji. Selasa (9/10/18).

Koordinator Cabang Olahraga (Cabor) Catur, Dr. Muhammad Mawangir M.Ag menjelaskan, perlombaan akan dilaksanakan selama dua hari pada hari Selasa (9/10) dan Rabu (10/10) untuk cabor catur. Kemudian 30 cabang perlombaan lainnya dilaksanakan selama enam hari terhitung sejak 08-13 Oktober 2018 di dua venue yaitu Asrama Haji dan Lapangan Jasdam II Sriwijaya Palembang.

“Untuk kategori pertandingan, pertama ada catur klasik perorang dan beregu (putra dan putri), kedua kategori catur cepat perorang dan beregu dan terakhir kategori catur perorang dan beregu,” jelasnya.

Mawangir juga mengungkapkan, sistem dan format pertandingan menggunakan swiss atau lima babak. Kategori regu menggunakan program pairing swiss manager dan nantinya untuk penentuan juara ditentukan dengan sistem Match Point (MP), Solkoff (Bucholzs), Porgessive Score (PS).

Lebih lanjut Ia menambahkan, peserta yang mengikuti PKM PTKIN ini sebelumnya telah mengikuti seleksi tingkat universitas, sehingga dapat terpilih enam peserta putra dan putri untuk mewakili UIN RF. Setelah itu, mereka harus mempersiapkan waktu kurang lebih selama 3 bulan untuk kegiatan PKM ini.

“Saya mengajak peserta untuk latihan di kampus, kadang juga di rumah saja. Agar mahasiswa lebih bisa belajar trik dan cara saat nanti bertanding,” tambahnya.

Mahasiswa Fakultas Syariah, Surya Setiawan, salah satu peserta cabor catur cepat mengaku telah mempersiapkan satu bulan untuk kegiatan PKM ini.

“Untuk persiapkan, kurang lebih sudah dari awal bulan September. Saya rutin mengikuti latihan di kampus, kadang juga hari Sabtu dan Minggu latihan di rumah bapak Mawangir,” katanya.

Surya mengatakan, targetnya meraih medali emas. Seharusnya babak pertama ia melawan Dodi. Tapi Dodi meminta izin karena sedang sakit. Setelah dibabak kedua akan melawan Hendrik.

“Besok siang setelah lomba di sini saya dan teman-teman akan langsung ke bandara berangkat ke Aceh untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh Pengurus Besar (PB) Percasi Pusat,” tuturnya.

Surya berharap kedepannya semoga UIN RF menjadi Juara umum di acara PKM PTKIN Se Sumatera.

Reporter : Erna, Mona, Alfian

Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *