UIN RF Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), untuk mahasiswa semester 1 dan 3. Ukhuwahfoto/Kemas Prima

UIN RF – Ukhuwahnews | Menyikapi peraturan terbaru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), UIN Raden Fatah Palembang telah menyiapkan 4770 Mahasiswa di tujuh Fakultas.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Muhammad Adil, ia mengatakan PTMT di UIN Raden Fatah sudah mulai berjalan.

“Jumlah mahasiswa dari semester satu dan tiga ada sekitar 9091 mahasiswa. Namun, kita menerapkan PTMT 25 persen saja dan kami memegang data ada 4770 mahasiswa. Jadi, akan ada 2720 mahasiswa yang akan kuliah tatap muka dangan syarat telah melakukan vaksinasi Covid-19,” katanya pada Senin, (4/10/21).

Tak hanya mahasiswa, Adil juga mengatakan dosen yang akan mengajar harus sudah mengikuti vaksinasi. Upaya diselenggarakan PTMT ini, UIN RF juga telah mengadakan vaksinasi dua kali yang dilaksanakan di Academic Center.

“Sarana dan prasarana sudah kita siapkan, termasuk yang utama adalah sarana kesehatan,” tuturnya.

Fakultas yang telah mengikuti PTMT ini adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Adab dan Humaniora, dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Achmad Syarifuddin mengatakan pihaknya telah menyiapkan sembilan ruangan untuk penyelenggaraan PTMT.

“Tiga ruangan di Gedung A dan Enam ruangan di Gedung B. Maksimal hanya ada 20 orang dalam satu kelas. Karena kapasitas ruangan kita hanya menampung 40 orang, dan kita gunakan setengahnya,” jelasnya.

Penyelenggaraan ini kata Achmad, telah dilakukan verifikasi untuk mahasiswa yang telah divaksin saja.

“Kita verifikasi dulu mahasiswa yang sudah vaksin, baru boleh kuliah tatap muka,” imbuhnya.

Untuk fasilitas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi telah menyiapkan Handsanitizer di setiap kelasnya. Mahasiswa juga dihimbau untuk mentaati protokol kesehatan.

Mahasiswa yang mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), adalah mahasiswa yang terverifikasi telah menerima vaksin kedua. Ukhuwahfoto/Kemas Prima

Disisi lain, Mahaiswa Jurusan Psikologi Islam semester 1, Masnona Zhahira Yulian mengatakan bahwa di fakultasnya sudah mengadakan verifikasi untuk mahasiswa yang telah divaksin dan bersedia mengikuti PTMT melalui Google Form.

“Sudah ada himbauan dari fakultas untuk mengisi Google Form, dan kita disuruh milih bersedia atau tidak untuk mengikuti kuliah tatap muka. Kalaupun dia sudah vaksin tapi tak bersedia mengikuti kuliah tatap muka, itu juga tidak jadi masalah.”

Sebetulya ia tak sepakat diadakannya kuliah tatap muka pada pertengahan semester ini. Sebab tak efektif menurutnya.

“Tidak efektif kalau diadakannya pas mau deket-deket UTS. Kalau disuruh milih, aku lebih memilih kuliah tatap muka di semester selanjutnya,” pungkasnya.

Reporter: Yuni Rahmawati
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *