UIN RF Palembang Kembali Berikan Keringanan Pembayaran UKT

Universiana – Ukhuwahnews|UIN Raden Fatah Palembang kembali membuka pengajuan pengurangan atau keringanan uang kuliah tunggal (UKT) bagi para mahasiswa aktif semester ganjil. Pengajuan keringanan UKT ini berlaku mulai dari tanggal 8 s/d 23 Juli 2021 melalui website: Login Registrasi Bantuan covid-19 (radenfatah.ac.id).

Wakil Rektor I, Muhammad Adil membenarkan surat edaran Nomor B.166/Un.09/4.2/PP.09/07/2021 mengenai pengajuan keringanan UKT bagi mahasiswa aktif semester ganjil tahun akademik 2021/2022.

“Surat edaran itu memang betul, ya dan ini merupakan hasil rapat kami kemarin. Penurunan ini bukan hanya sekedar keringanan melainkan juga membebaskan,” katanya.

Lebih lanjut, Adil mengatakan bahwa keringanan UKT ini hanya berlaku bagi mahasiswa yang mengajukan saja.

“Mahasiswa yang diterima pengajuan keringan UKT ialah mereka yang memang benar melakukan pengajuan itu. Keringanan UKT ini tidak berlaku bagi mereka yang tidak mengajukan,” ujarnya saat diwawancarai.

Senada dengan itu, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UIN RF, Mirwan Fasta, S.Ag.M.Si menuturkan dalam pengajuan keringanan UKT ini memiliki tiga ketentuan dengan potongan yang berbeda-beda bagi setiap mahasiswa.

“Pertama itu potongan 10% yang berlaku untuk seluruh mahasiswa. Kedua, potongan 80% bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan semua mata kuliah, tinggal mengerjakan skripsi saja. Ketiga, potongan 100% itu bagi mahasiswa yang orang tuanya meninggal dunia karena Covid-19 dan mahasiswa yang orang tuanya di pecat atau diberhentikan secara paksa (PHK) dikarenakan pandemi, tentunya dalam hal ini mahasiswa harus menunjukkan bukti fisik dari Rumah sakit maupun instansi lainnya,” jelasnya.

Mirwan juga menjelaskan bahwa dalam pengajuan keringanan UKT ini tidak ada perpanjangan waktu.

“Tidak ada perpanjangan waktu karena kami sudah memberikan kelonggaran baik dalam pengajuan keringanan UKT maupun pembayarannya pula,” pungkasnya.

Reporter: Annisa Dwinahari, Desi Sari Cahyani
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *