Tingkatkan Pemahaman Berdakwah, FDK Adakan Seminar Laboratorium

Mulyadi Fikri sedang memaparkan materi yang dibawa kepada peserta seminar. Kamis,(25/11/2021). Ukhuwahfoto/Elyssa Meilyana.

UIN RF – Ukhuwahnews | Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) mengadakan seminar laboratorium dengan tema ‘How To Be A Good Da’I’. Menghadirkan Ustadz Mulyadi Fikri, S.Hi sebagai narasumber ditemani Rami Uranda sebagai guest star. Kamis, (25/11/2021).

Dalam materinya, Mulyadi mengatakan, seorang da’i adalah seseorang yang mengajak orang lain untuk mengamalkan ajaran Islam. Bukan juga sekedar juru bicara yang mengatasnamakan organisasi, melainkan juru bicara Allah beserta Rasul-Nya.  

“Seorang da’i harus memiliki beberapa sifat terpuji dalam berdakwah, diantaranya pintar, menarik, beretika, bijaksana, dan yang paling penting adalah ikhlas mencari ridho Allah,” ujarnya di Aula Rafa Tower pagi tadi.

Ia juga menambahkan da’i harus bijaksana dan tidak boleh menjadi provokator. Selain itu, da’i juga harus bisa menyejukkan suasana saat membawakan materi.

“Kita harus memandang jama’ah dengan kacamata rahmat keutuhan Islam dan persatuan, ini jauh lebih utama daripada kepentingan golongan,” tuturnya.

Di akhir materi, beliau berpesan agar selalu meningkatkan ilmu pengetahuan khusus seputar Islam.

“Kalau juru bicara presiden saja bisa hidup enak, ditanggung dan difasilitasi, apalagi juru bicara Allah,” ungkapnya.

Baca Juga : Sering Banjir, Wawako Tinjau Kawasan Pemukiman UIN RF

Di tempat yang sama, salah satu peserta seminar, Jordi mengatakan jika kegiatan seperti ini sangat bermanfaat.

“Kegiatan ini sangat bagus karena bisa mengisi waktu luang, terlebih kuliah kebanyakan masih online,” ungkap mahasiswa Komisi Penyiaran Islam (KPI).

Jordi pula menambahkan, materi yang disampaikan narasumber membuatnya termotivasi untuk menjadi da’I dan berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan.

 “Semoga bisa lebih baik lagi karena kegiatan ini sangat bermanfaat  untuk mengasah skill di bidang dakwah,” tutupnya.

Tak hanya itu, Wakil Dekan 1 FDK Dr. Nuraida, M.Ag juga turut menghadiri seminar ini, ia berharap kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa FDK untuk bisa berceramah di depan masyarakat nantinya.

Reporter : Bagus Rizki, Ellysa Meilani
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *