Tingkatkan Organisasi dan Sertifikasi Lewat Temu Forum Dekan FDK PTKIN Se-Indonesia

Pemberian cendramata kepada Kabag Kesra Kota Palembang oleh Dekan FDK UIN Raden Fatah di Hotel Beston Palembang pada Kamis, (18/03/2021). Ukhuwahfoto/Shalsabilla Rinira Putri

UIN Raden Fatah mengadakan Temu Forum Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) yang diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia. Acara ini berlokasi di Hotel Beston Palembang selama tiga hari pada tanggal 17-19 Maret 2021.

Ketua Panitia Nuraida mengatakan, forum tersebut bertujuan untuk peningkatan organisasi dan penguatan sertifikasi.

“Kami melakukan kerjasama antar UIN dan IAIN dari berbagai kota di seluruh Indonesia untuk bertukar pikiran, mungkin bisa menyangkut kurikulum seperti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujarnya.

Dari kegiatan tersebut, Nuraida menginginkan forum tersebut dapat menjadi acuan khusus masalah MBKM.

“Saya harap dari point yang dihasilkan dapat terwujud setidaknya format bagi seluruh FDK dan kita bisa seragam dalam melaksanakan MBKM yang merupakan produk dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” ujarnya.

Tanya jawab antara audiensi dan Kabag Kesra Kota Palembang Ainun Tanjung mengenai program kerjasama antara Pemerintah Kota Palembang dan UIN Raden Fatah. Ukhuwahfoto/Shalsabilla Rinira Putri

Dalam forum diskusi tersebut, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Palembang Ainun Tanjung mengatakan bahwa sudah ada kerjasama antara UIN Raden Fatah dan Pemerintah Kota Palembang untuk melakukan kegiatan dakwah.

“Agenda yang dilakukan seperti Kuliah subuh dan salat berjamaah setiap Shubuh bersama dengan bapak walikota. Banyak juga da’i atau dosen yang berasal dari UIN Raden Fatah,” ujarnya, Kamis (18/03/2021).

Ainun menambahkan, jika kegiatan dakwah keagamaan ini telah dilakukan sejak lama serta memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

“Kegiatan dakwah ini sudah berjalan tiga tahun sehingga membantu mereka untuk menyampaikan aspirasi secara langsung,” tambahnya.

Tak hanya itu, kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa yang diwakili oleh Kabag Kesra Kota Palembang Ainun Tanjung dan dekan PTKIN seperti Dekan FDK UIN Raden Fatah Achmad Syarifudin, Dekan FDK UIN Sumatera Utara Lahmuddin Lubis, Dekan FDK UIN Thaha Saifuddin Zulqarnin, Dekan FDK UIN Sultan Maulana Hasanuddin Suadi Sa’ad, Dekan FDK IAIN Purwokerto Abdul Basit.

Reporter : Shalsabilla Rinira Putri, Siti Alicia Zahirah
Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *