Tak Diundang, Wali Mahasiswa Tetap Hadiri Wisuda ke-82 UIN RF

Para wali peserta sedang menyaksikan proses wisuda dari luar Gedung Academic Center melalui layar monitor yang disediakan. Ukhwahfoto/Rio Romadhoni.

UIN RF – Ukhuwahnews | Sudah menjadi hal yang biasa apabila momen wisuda dihadiri banyak orang tua atau wali mahasiswa untuk merayakan hari bahagia anaknya. Seperti halnya pada Wisuda ke-82 UIN Raden Fatah (UIN RF) kali ini. Namun, ternyata pihak kampus tidak memberikan undangan untuk para wali peserta wisuda.

Wisuda ke-82 UIN RF ini diadakan di Gedung Academic Center pada Sabtu (24/09/2022). Sama seperti wisuda sebelumnya, kali ini pekarangan UIN RF kembali dipadati oleh keluarga para lulusan. Tetapi, dalam hal ini sebenarnya wisuda ini belum memperbolehkan mengundang wali mahasiswa.

Hal itu dikatakan langsung oleh Wakil Ketua Kegiatan Wisuda ke-82, Karimin. Katanya, sebelum hari pelaksanaan sudah diberutahukan bahwa wisuda kali ini belum mengundang wali mahasiswa.

“Perihal undangan wisuda, itu hanya berlaku untuk satu orang saja, yaitu mahasiswa itu sendiri. Kita belum mengundang wali mahasiswa dalam wisuda kali ini,” katanya saat diwawancarai secara langsung.

Namun, Karimin mengatakan dalam hal ini tidak ada larangan untuk wali mahasiswa yang datang ke acara Wisuda ke-82 UIN RF.

Baca Juga: Wisuda ke-82, UIN RF Hadirkan Hakim Konstitusi RI

“Bagi wali mahasiswa yang datang kita tidak melarang tetapi tidak diperbolehkan untuk masuk ke Gedung Academic Center. Selain itu, segala risiko selama acara berlangsung kita tidak tanggung jawab,” jelasnya.

Biasanya, dengan padatnya pekarangan UIN RF karena momen wisuda, menyebabkan lalu lintas mengalami kemacetan. Untuk itu, Karimin menjelaskan hal tersebut sudah diantisipasi oleh pihaknya.

“Untuk dampak yang ditimbulkan seperti macet, kita sudah memberlakukan sistem satu arah dan larangan parkir di bahu jalan,” ujarnya.

Namun, nyatanya kemacetan yang terjadi dalam momen ini tetap tidak bisa dihindarkan.

Sementara itu, salah satu wali wisudawan lulusan Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah, Sugianti mengatakan kedatangannya sebagai bentuk kebanggaan terhadap anaknya.

“Momen seperti ini mungkin cuma sekali seumur hidup. Walaupun sudah ada pemberitahuan dilarang masuk ke dalam gedung, saya tetap datang karena ingin merayakan momen bersejarah ini, kan sayang kalau dilewatkan begitu saja,” tuturnya.

Ia berharap, UIN RF dapat menerapkan orang tua bisa mendampingi anaknya dalam acara wisuda selanjutnya.

“Semoga ke depannya panitia wisuda bisa menerapkan pola seperti dulu lagi, dimana orang tua bisa mendampingi anaknya ketika wisuda,” pungkasnya.

Selama acara Wisuda ke-82 berlangsung, banyak orang tua atau wali mahasiswa yang datang dan duduk di halaman UIN Raden Fatah Palembang.

Reporter: Adriansyah Admadja
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *