Tahun Depan Mahasiswa UIN RF Dapat PKL di Pertamina

Penyerahan Memorandum of Understanding (MoU) oleh General Manager PT. Pertamina Refinery Unit III Plaju, Moh. Hasan Efendi (Sebelah kiri) kepada Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Raden Fatah Palembang, Hamidah (Sebelah kanan).

UIN RF – Ukhuwahnews | Mahasiswa UIN Raden Fatah, mulai semester genap 2022 dapat melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju. Hal ini telah dibahas dalam kerjasama Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju dan UIN Raden Fatah pada Oktober lalu. Senin, (15/11/21).

Kerjasama ini dilakukan dalam rangka peningkatan tridharma perguruan tinggi, serta menyukseskan program kampus merdeka, merdeka belajar dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Wakil Rektor III UIN Raden Fatah Palembang Hamida mengungkapkan, dari sisi bidang keilmuan yang paling dekat dengan Pertamina adalah Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek). Tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa dari fakultas lain untuk ikut pelaksanaan PKL di PT. Pertamina.

“Kita punya peluang besar yang bisa dimanfaatkan, karena kita memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat. Mulai dari dosen hingga mahasiswa yang pintar, sehingga kita sangat percaya diri untuk dapat berkerjasama dengan mereka,” ungkapnya.

Hamidah juga mengatakan bahwa semakin cepat fakultas melakukan komunikasi dengan Pertamina maka akan cepat pelaksanaan magang berlangsung.

“Ada Kemungkinan mulai semestrer genap depan kita sudah bisa melakukan kerjasama. Tapi itu tergantung cepat tidaknya pihak fakultas berkoodinasi dengan pihak Pertamina,” katanya saat diwawancarai via telepon. Senin, (15/11/21).

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa alur pelaksanaan PKL dimulai dengan pihak fakultas melakukan audiensi pada pihak Pertamina dan kemudian mahasiswa akan diseleksi kembali oleh pihaknya.

“Seleksi PKL ini sama seperti dengan perusahaan lainnya, seperti Telkomsel atau media Kompas. Mahasiswa bisa memilih mau PKL dimana. Barulah nanti lembaga menyeleksi layak atau tidaknya mahasiswa tersebut untuk PKL disana,” tuturnya.

Di lain sisi, General Manager (GM) Pertamina Refinery Unit III Plaju, Moh. Hasan Efendi mengatakan, Pertamina sebagai perusahaan milik negara diminta untuk memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi yang memungkinkan mahasiswanya agar dapat melaksankan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

“PKL ini bisa dikatakan ajang untuk melihat kompetensi mahasiswa. Apabila kinerjanya bagus, kami akan mengikutsertakan mahasiswa tersebut dalam seleksi penerimaan tenaga kerja baru,” tutupnya.

Reporter: Siti Alicia Zahirah
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *