Sukseskan Milad KUPI, PSGA Adakan Bazar di Kampus B UIN RF

Seorang pedagang sedang menyiapkan jualannya. Ukhuwahfoto/Dafid Amirul Mukminin.

UIN RF – Ukhuwahnews | Konferensi Pusat Studi Gender Anak (PSGA) adakan kegiatan bazar di kampus B UIN Raden Fatah Palembang dalam rangka memperingati Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) yang ke-2, Selasa (15/11/222).

Ketua Pelaksana Konferensi, Isnaini mengungkapkan, tak hanya bazar namun juga terdapat galeri yang merupakan salah satu rangkaian acara.

“Salah satu rangkaian acara KUPI adalah bazar dan galeri yang menampilkan peran perempuan ulama di Indonesia. Galeri bisa dilihat di dalam perpustakaan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa acara ini akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dengan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

“Bazar ini diadakan selama tiga hari. Mulai dari tanggal 15-17 November 2022, dari pagi sampai malam. pesertanya bukan dari Sumatera Selatan saja, akan tetapi seluruh PTKIN yang ada di Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut, Isnaini menjelaskan selain untuk mensukseskan konferensi PSGA, diadakannya bazar ini di kampus UIN Raden Fatah Palembang ialah untuk mengenalkan kampus biru ke masyarakat luas.

“Tujuan bazar ini adalah untuk mensukseskan PSGA se-Indonesia. Diadakan di ruang lingkup UIN Raden Fatah karena untuk mengenalkan kampus UIN ke masyarakat ramai,” ungkapnya.

Seorang pengrajin tenun sedang membuat kain tenun di stan miliknya. Ukhuwahfoto/Muhammad Muflih.

Tambah Isnaini, terdapat 75 stand bazar yang terdiri dari bazar sandang dan pangan khas Sumatera Selatan.

“Ada 75 stand bazar diacara ini. Jenis bazarnya ada pangan dan sandang. Masing-masing menjual kekhasan Provinsi Sumatera Selatan khususnya Palembang seperti pempek dan pakaian khas Palembang,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga mengungkapkan bahwa peserta yang membuka stand bazar di sini berasal dari berbagai macam kalangan.

Baca Juga: Wacanakan Dua Prodi Baru, FDK UIN RF Akan Buka Program S2

“Peserta yang membuka stand bazar di sini dari kalangan organisasi mahasiswa, Dharma Wanita Provinsi Sumatera Selatan, dan UMKM yang dibina oleh Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan,” tambahnya.

Disisi lain, Nina, salah satu peserta yang membuka stand bazar, mengungkapkan alasan ia mengikuti bazar ini karena ingin menambah pertemanan dan menjalin silahturahmi.

“Di samping yang memang untuk mencari uang, saya di sini juga ingin menambah kekeluargaan, pertemanan, saudara dan saling silahturahmi, itu yang paling penting sih,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, stand bazar yang ia buka menjual berbagai macam aksesoris yang sebagian besar merupakan buatan tangan.

“Saya jualan aksesoris. Aksesoris ini 70% handmade dan 30% lainnya pabrikan,” katanya.

Terakhir, Nina berharap agar acara-acara seperti ini akan terus berlanjut dan dilaksanakan.

Reporter : Niken Putri Ayu
Editor : Jeniedya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *