Suci, Basic SMK Hingga Lulus Tiga Tahun Setengah di Prodi PBA

Doc. IST

Suci Julia Sari, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) angkatan 2017 dari Program Studi (Prodi) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) di UIN Raden Fatah Palembang ini meraih gelar sarjana dalam kurun waktu tiga setengah tahun dengan predikat lulusan tercepat dan meraih Index Penilaian Kumulatif (IPK) mencapai 3,69.

Darah kelahiran Palembang ini tidak menyangka jika dirinya bisa lulus lebih cepat dari teman-teman seangkatannya.

“Saya tidak menyangka bisa lulus dengan tepat waktu, dalam hati pun sering bertanya-tanya, kok bisa sih and finally, saya sudah lulus duluan,” ujar Suci dalam pesan daring.

Dalam usahanya mencapai gelar tersebut, ada beberapa upaya yang dilakukannya. Suci mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah menunda tugas yang diberikan oleh dosen dan tetap menjaga komunikasi dengan dosennya. Namun, doa dan restu orangtua menjadi yang paling utama diantara yang lainnya.

Perempuan kelahiran 04 Juli 1999 ini bercerita, dirinya merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palembang. Dari basic sekolah kejuruan hingga mengambil jurusan PBA di Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN).

Sebelumnya ia sempat kebingungan tentang sistem kelulusan di UMPTKIN, karena ada sedikit kejanggalan, melihat dari pengumuman file yang diterima, Suci lulus di Prodi Perbankan Syariah, namun setelah membuka website resmi, ia lulus di Prodi PBA.

Dilahirkan dari keluarga yang mendukung penuh dirinya tersebut sehingga Suci bisa berjalan sesuai dengan keputusannya sendiri. Marindu, ibu dari Suci memberi dukungan kepadanya agar mengambil jurusan tersebut, supaya nantinya dapat membawa Suci ke Tanah kelahiran Rasulullah SAW.

Sedangkan sang Ayah, Saiun Sobar tetap menawarkan anak keempat dari lima bersaudara itu untuk mencoba tes di kampus Politeknik Sriwijaya mengambil jurusan komputer, namun suci menolak karena berpikir akan mengeluarkan uang kembali.

Diawal menempuh proses pendidikan dalam perkuliahannya, perempuan ini merasa senang, terlebih tenaga pengajar di Prodi tersebut yang memiliki potensi mengajar mempuni walaupun dirinya harus menyesuaikan diri dengan lebih ekstra.

“Diawal masuk kuliah ternyata Bahasa Arab ini sedikit menyenangkan, terlebih dosen yang mengajar juga menyenangkan walaupun harus menyesuaikan diri lebih ekstra,” ungkapnya.

Kendala yang sering dialami perempuan yang dulunya mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan sejak di SMK ini, sering kesulitan untuk memahami mata kuliah yang mengenai Bahasa Arab dan sulitnya berbaur dengan teman sehingga kehilangan akses untuk belajar mata kuliah tersebut.

Namun Suci bukanlah perempuan yang mudah pantang untuk menyerah, dirinya terus belajar dan bersabar untuk bertanya ke beberapa temannya sampai ia paham dan mencoba tidak mengeluh dalam segala hal.

“Orang bisa, kita harus bisa juga walaupun dengan cara yang berbeda,” semangatnya.

Teringat seutas pesan yang disampaikan oleh pemilik syurga yang berada di telapak kaki yaitu sang ibunda. “Selalu ada alasan pada setiap hal yang terjadi. Jangan pernah mengeluh, jalani dengan ikhlas. Karena, apa yang sudah Allah kehendaki pastilah sudah yang terbaik,” kata Suci.

Suci juga selalu mengingat pesan yang disampaikan oleh sang guru tentang usaha yang harus dicapai oleh Suci. Mulai dari sholawat sampai doa disetiap sujud agar dipermudah segala urusan.

“You can do it, so don’t worry. Semua akan indah pada waktunya dan jangan lupa semangat terus,” tutupnya.

Reporter : M Reza Arya P
Editor : Yuni Rahmawati

Satu tanggapan untuk “Suci, Basic SMK Hingga Lulus Tiga Tahun Setengah di Prodi PBA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *