Siapkan Kompetensi Softskill, Peluang Menjadi Seorang Guru

Kuliah tamu yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Senin (25/10/21). Kegiatan ini dilaksanakan di Rafah Tower lantai 1 serta disiarkan melalui Zoom. Ukhuwahfoto/M. Reza Arya

UIN RF – Ukhuwahnews | Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab mengadakan Kuliah Tamu yang berlangsung di Rafah Tower Lantai 1 serta disiarkan melalui Zoom. Mengambil tema “Prospek dan Tantangan Alumni PBA di Era Revolusi Industri 4.0”, kuliah tamu ini dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Senin (25/10/2021).

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Abdullah mengatakan bahwa memiliki salah satu kompetensi adalah hal yang sangat diperlukan untuk menjadi seorang guru. Ia menjelaskan bahwa terdapat lima kompetensi yaitu, kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial dan softskill.

“Ada lima kompetensi yang harus dimiliki seorang guru di era 4.0, salah satunya kompetensi softskill,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, pada kuliah tamu yang di narasumberi oleh Prof. Yayan Nurbayan, M. Ag. mengatakan di era teknologi atau 4.0 perlu memiliki kompetensi softskill.

“Kompetensi softskill, mampu memberikan pemahaman lebih untuk menentukan solusi dalam menyelesaikan masalah, mampu bersikap kreatif untuk menemukan inovasi untuk kehidupan dan kepekaan secara kritis yang di update (ditingkatkan),” ujar Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia.

Salah satu mahasiswa prodi PBA juga, Anisah mengatakan sangat penting bagi kita menjadi seorang guru untuk memiliki kompetensi softskill.

“Kompetensi softskill sendiri merupakan penunjang bagi kita menjadi seorang pengajar (guru), karena dapat memudahkan kita dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan pelajar,” pungkasnya.

Reporter: M. Reza Arya
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *