Setelah Raih Peringkat 4 Se-PTKIN Indonesia Tahun 2020, UIN RF Kembali Berpartisipasi pada Ajang Green Campus

UIN RF – Ukhuwahnews | Tahun 2020 kemarin, UIN Raden Fatah Palembang berhasil menduduki rangking ke-4 di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia dan masuk 50 besar secara regional pada ajang UI Green Metric. Keikutsertaan UIN Raden Fatah dalam program ini adalah guna mengatasi krisis lingkungan dan pemanasan global di wilayah kampus sendiri. Jumat, (05/11/21).

Kini, pada tahun 2021 UIN Raden Fatah Palembang kembali berkontribusi dalam penghijauan lingkungan kampus yang merupakan Program dari UI Green Mertric. Kegiatan lokakarya UI Green Metric tetap dilaksanakan secara daring pada masa pandemi. Kegiatan Lokakarya UI Green Metric PTKI tahun ini diselenggarakan oleh IAIN Samarinda, Kalimantan Timur. Mengangkat tema Universities, UI Green Metric and SDGs in the Pandemic.

Peran strategis dari Perguruan Tinggi untuk dapat membantu pemerintah dalam hal pembangunan yang berkelanjutan dapat dilakukan dengan membangun suasana kampus hijau yang berkelanjutan. Green campus merupakan salah satu idaman kampus di dunia sebagai bagian dari suasana akademik yang kondusif. Setelah mengikuti lokakarya, UIN Raden Fatah mensubmit borang akreditasi Green Campus.

Ketua Tim Green Metric UIN Raden Fatah, Dr. Irham Falahudin, M,Si, mengatakan finalisasi borang akreditasi Green Campus terlaksanakan berkat kerja keras tim. Dalam persentasi borang akreditasi Green Campus, Dr. Irham Falahuddin juga didampingi Dr. Yenrizal, M.Si dan Dr. Delima Engga Maretha selaku Wakil Ketua dan Sektretaris Green Metric UIN Raden Fatah.

“Tim Green Campus dan seluruh civitas akademika merupakan modal dari mensukseskan UIN Raden Fatah sebagai kampus yang peduli dengan isu-isu keberlangsungan kehidupan lingkungan,” ungkap Dr. Irham Falahuddin, yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan I Fakultas Sains dan Teknologi.

Hal ini juga disampaikan oleh Rektor UIN Raden Fatah, Nyayu Khodijah mengatakan UIN Raden Fatah sendiri ingin mewujudkan dan mendorong seluruh elemen masyarakat kampus untuk peduli pada persoalan lingkungan. Ia juga berharap tahun kedua dalam keikutsertaan ini, UIN Raden Fatah bisa berkontribusi dengan baik pada pengelolaan kampus hijau.

“Diharapkan tahun ini akan lebih meningkat, sesuai pula dengan segala persiapan dan pembenahan yang kita lakukan sebelumnya. Program kampus hijau memang menjadi program prioritas bagi kita, dan bisa berkontribusi pada kebijakan pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Reporter: Yuni Rahmawati
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *