Setelah Pengiriman Data, Ini Perkembangan Akreditasi UIN Raden Fatah

Terlihat beberapa tamu undangan dalam acara Tasyakuran dan apresiasi atas pencapaian akreditasi baru 16 Program Studi di Kampus B Jakabaring, Palembang. Kamis, (8/4/21). Ukhuwahfoto/ Wisnu Akbar

UIN RF – Ukhuwahnews | Setelah lakukan pengiriman dokumen Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) pada Selasa, (23/3/2021). Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang akan lakukan Asesmen Lapangan untuk menunggu predikat akreditasi kampus.

Asesmen Lapangan (AL) ini belum dilakukan karena harus melengkapi beberapa data untuk submit di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan belum tercapainya 60 persen predikat akreditasi A prodi. Hal itu dikatakan oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S. Ag. M.Si pada zoom meet yang dilakukannya di Auditorium Perpustakaan Kampus B Jakabaring. Kamis, (8/4/21).

“Sekarang persiapan sudah dilakukan, itu paling lambat di bulan Juni atau bulan Juli kita sudah AL sehingga mungkin bisa dalam tahun ini akan keluar hasilnya,” katanya.

Menurutnya, pihak kampus sudah lakukan persiapan AL secara daring yang akan dilaksanakan paling lambat bulan Juni atau Juli sehingga predikat akreditasi UIN akan keluar hasil nya tahun ini.

“Untuk informasi dari BAN-PT sekarang agak sulit mencapai akreditasi unggul karena belum 60 persen prodi kita terkareditasi A, tapi paling tidak kita bisa meningkatkan nilai dulu yang awalnya B belum gembung mungkin sekarang bisa B gembung sehingga kedepannya untuk naik ke A itu lebih gampang” jelasnya.

Ia juga berharap bahwa di tahun 2023 minimal 60 persen prodi terkareditasi A karena hal tersebut dapat mempengaruhi predikat akreditasi unggul perguruan tinggi.

“Target kita di 2023 itu minimal 60 persen prodi bisa terakreditasi A. Minimal kelas unggul, karena tentu akreditasi prodi itu mempengaruhi akreditasi perguruan tinggi,” katanya.

Para tamu undangan dalam acara Tasyakuran dan apresiasi atas pencapaian akreditasi baru 16 Program Studi di kampus B Jakabaring, Palembang. Kamis (8/4/21). Ukhuwahfoto/ Wisnu Akbar

Senada yang dikatakan Nyayu, Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM), Dr. Syahril Jamil, M. Ag mengatakan sudah menyiapkan data semaksimal mungkin dan didukung oleh para pimpinan kampus.

“Masih ada poin penting yang belum terpenuhi, yaitu kita harus punya minimal 60 persen akreditasi A untuk Program Studi agar dapat akreditasi unggul,” katanya.

Meskipun begitu, ia mengatakan sejauh ini LPM sudah dalam progres ke tahap unggul dengan memenuhi beberapa dokumen pendukung yang di submit pada Selasa, (23/3/2021) lalu.

“Sekarang tidak ada lagi akreditasi A, B, atau C yang ada unggul, baik, dan sangat baik. Kita sudah mengupayakan semaksimal mungkin semoga nanti hasilnya memuaskan,” tutupnya.

Reporter : Krisna Aldrin
Editor : Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *