Sering Mengadakan Seminar, Mahasiswa KPI: Ini Sebagai Pengganti PPL

ilustrasi seminar.
Sumber foto: Doc Ukhuwah

UIN RF – Ukhuwahnews | Belakangan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Raden Fatah Palembang, terkhusus Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) sedang gencar-gencarnya melakukan seminar dengan menghadirkan beberapa narasumber ternama.

Terhitung sejak Senin, (4/10/21) lalu sampai Senin, (15/11/21) kemarin KPI sudah melakukan tujuh kali seminar dengan tema berbeda. Setelahnya Ukhuwahnews berhasil menghimpun data dari salah satu mahasiswi KPI.

Pengganti PPL

Namanya Riska Awalia, menurutnya seminar ini merupakan agenda kegiatan mata kuliah Praktek Profesi Lapangan (PPL) yang terdiri dari kelompok-kelompok.

“Ya, itu pengganti praktek lapangan. Karena pandemi, jadi dialihkan ke seminar setiap kelompoknya,” ujarnya. Selasa, (11/16/21) malam.

Untuk jadwal kegiatan, Riska mengatakan seminar ini diadakan setiap satu minggu sekali.

“Untuk kepanitiaan itu semua dari mahasiswa, diadakan setiap Minggunya. Harinya bebas mau Senin atau Selasa,” lanjut Riska saat diwawancarai via panggilan Whatsapp.

Terakhir, mahasiswi KPI semester lima itu mengatakan kesulitan yang dialami saat seminar ialah ketika menghubungi narasumber.

“Yang sulit itu waktu nyiapin narsum dan saat hari acara juga kadang terhalang sinyal,” papar Riska.

Baca Juga: Tahun Depan Mahasiswa UIN RF Dapat PKL di Pertamina

ilustrasi Seminar.
Sumber foto: Doc Ukhuwah
Sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran

Sementara itu ketika dihubungi, Dekan FDK Achmad Syarifuddin mengatakan, seminar ini sudah sesuai dengan Rencana Kerja (Renja) dan Rencana Kerja Anggaran (RKA) 2021 yang sudah disahkan oleh Rektor.

“Tujuannya itu untuk penguatan Prodi, meliputi Sumber Daya Manusia dalam hal ini Dosen dan Mahasiswa,” katanya.

Ia juga mengatakan, tidak masalah sistem seminar Dalam Jaringan (Daring) atau Luar Jaringan (Luring) yang penting cara panitia mengaturnya.

“Luring atau Daring tak masalah, karena panitia punya skemanya masing-masing untuk mengatur bagaimana seminar dapat memberi manfaat,” tuturnya.

Syarifuddin juga berharap agar kegiatan seminar ini mampu membawa mahasiswa menerima wawasan baru.

“Silahkan ikuti kegiatan seperti ini dengan maksimal, agar nantinya ilmu yang didapat mampu menunjang studi dan karir mahasiswa dimasa depan,” sambungnya.

Senada dengan Syarif, Dosen Praktek Profesi Lapangan KPI, Randicha Hamandia mengatakan tujuan diadakannya seminar tersebut sebagai cara untuk mengupgrade ilmu, skill, dan pengalaman mahasiswa.  

“Mahasiswa KPI kan bergerak di bidang komunikasi penyiaran, jadi mereka harus tampil terus demi mengasah ilmu di bangku kuliah ini,” ujarnya.

“Dengan begitu semoga nantinya mereka ini mampu menjadi lebih aktif dan produktif. Kita buat agar mahasiswa ini terbiasa untuk nantinya dapat dengan baik ketika menemui problem di lapangan,” pungkasnya yang juga Sekretaris Prodi KPI ini.

Reporter: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *