Seminar Praktikum, FDK Angkat Tema “Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Agama”

Pemberian sertifikat oleh Ibu Manal Ullaili.M.Ed. (Kanan) Selaku Wakil Dekan II Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) kepada Ustadz Amrullah Pandu Setiawan (Kiri) di Ruang seminar FDK. Senin (01/11/2021). Ukhuwahfoto/Muhammad Imron.

UIN RF – Ukhuwahnews | Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Raden Fatah mengadakan seminar praktikum dengan tema “Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Agama” di Ruang Seminar FDK pada Senin, (1/11/21) petang.

Pada acara kali ini FDK menghadirkan Amrullah Pandu Setiawan sebagai pemateri dakwah dan Syafriandi dengan materi Public Speaking.

Bertemakan “Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Agama”, Amrullah mengatakan seorang dai perlu mempertanggungjawabkan dakwahnya.

“Seorang dai harus mencontohkan apa yang ia dakwahkan, seperti sholat berjamaah maka dai itu juga harus melakukannnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam berdakwah seseorang harus mengetahui kapasitas yang sesuai dengan bidangnya.

“Pahami sosial kultural masyarakat dan pakailah bahasa yang muda dipahami pendengar sehingga kita dapat berdakwah sesuai kebutuhan pendengar,” sambungnya.

Diakhir materi ia menyampaikan, berdakwah bukan hanya di atas mimbar, tetapi bisa dilakukan di mana saja.

Baca Juga: Asa Cita dan Cinta di Karya Jaya

Sementara itu Syafriandi dengan materi “Explore Your Talk Skills Through Public Speaking”, mengatakan siapapun bisa Public Speaking selama mereka punya kemauan.

Public Speaking bukan bakat melainkan keterampilan yang artinya bisa diasah oleh siapapun,” katanya.

Lebih lanjut, News Anchor TVRI itu menjelaskan teknik dasar Public Speaking kepada peserta.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam public speaking seperti percaya diri, vocal, berekspresi dan komunikatif terhadap audiens,” jelasnya.

“Cara tepat untuk menjadi pembicara yang baik adalah dengan berlatih ATM (amati, tiru dan modifikasi), ambil setiap kesempatan dan tambah jam terbang,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Mahasiswa semester satu Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Antika linsaniyati mengatakan kegiatan ini sangat berkesan dan bermanfaat.

“Materi pertama cukup berkesan karena kita mengetahui jenis dari dakwah itu sendiri dan di materi kedua kita mendapatkan banyak ilmu seputar public speaking,” paparnya.

Antika berharap agar kegiatan serupa dapat terus ada dan semakin baik dikemudian harinya.

“Kegiatan ini seru dan sangat bermanfaat semoga kedepan menjadi lebih baik lagi,” tutupnya.

Reporter: Bagus Rizki, Muhammad Imron
Editor: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *