Realisasikan Visi Sebagai Fasilitator Pengembangan Intelektual, BI Kembali Buka Kuota Beasiswa

Doc. IST

UIN RF – Ukhuwahnews | Merealisasikan visi memfasilitasi pengembangan modal intelektual, Bank Indonesia (BI) membuka 50 kuota beasiswa untuk mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Pendaftaran beasiswa BI dibuka selama tujuh hari pada 17 – 22 Februari 2021. Hal ini disampaikan oleh Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) Demina Sitepu pada sosialisasi beasiswa lewat Aplikasi Zoom. Rabu, (17/2/21).

Demina mengatakan, beasiswa ini memiliki visi misi dan program tersendiri yang membuatnya berbeda dengan beasiswa lain.

“Visi dari program beasiswa ini kami ingin memfasilitasi pengembangan modal intelektual dan juga memberikan kontribusi positif dalam proses transformasi masyarakat secara berkelanjutan dan misi kami mengembangkan kapasitas intelektual diberbagai bidang yang sejalan dengan kepentingan publik juga meningkatkan kapasitas invididu serta menciptakan lulusan unggul, berdaya saing dan berpotensi memajukan negara. Ini adalah hal yang membuatnya berbeda dari beasiswa lain,” jelasnya.

Ia menambahkan, beasiswa yang akan diberikan sebesar Rp 1.000.000 per bulannya akan di berikan selama 12 bulan dan tidak hanya itu, disediakan juga sebuah komunitas atau wadah untuk penerima beasiswa tersebut.

“Mahasiswa penerima beasiswa ini tidak hanya menerima uang, bahkan kami menyiapkan sebuah wadah yaitu Genbi untuk keorganisasiannya. Harapan kami semoga adik-adik nanti semangat untuk mengapply berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa BI karena dokumen yang banyak dan sedikit repot,” katanya dalam sosialisasi.

Sementara itu, Analisis Fungsi Koordinasi dan Kebijakan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Rendha Prasetyo Kusmono menyampaikan, beasiswa ini memiliki perannya tersendiri.

“Ini sebagai peran dari BI yaitu, turut mensejahterahkan kehidupan masyarakat Indonesia,” ujarnya pada sosialisasi tersebut yang dilakukan secara virtual melalui zoom

Rendha juga menyampaikan bahwa kuota peneriamaan Beasiswa BI untuk UIN Raden Fatah sebanyak 50 orang mahasiswa dengan komponen 40 dan 10.

“Ada 40 orang yang mahasiswa yang di terima berasal dari 16 Program Studi (Prodi) yang prioritaskan yaitu, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen /Pendidikan Ekonomi Manajemen, Akuntansi/Pendidikan Akuntansi, Perbankan/Keuangan Syariah, Ekonomi Islam/Ekonomi Syariah, Matematika/Pendidikan Matematika, Statistika, Pertanian/Perternakan/Agribisnis/Hortikultura, Social Ekonomi Pertanian/Social Ekonomi Perikanan, Ilmu Hukum/Hukum Ekonomi Syariah, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Social dan Ilmu Politik, Komunikasi/Ilmu Komunikasi, Teknologi Informasi, System Informasi, Ilmu Computer/ Informatika dan 10 orang mahasiswa di luar Prodi Prioritas,” ujarnya.

Rendha juga menjelaskan kriteria umum penerima beasiswa reguler yang harus dilengkapi oleh para mahasiswa yang ingin mendaftar.

“Pertama, merupakan mahasiswa aktif dan sekurang-kurangnya telah menyelasikan 40 sks atau minimal di semster 3. Maksimum berusia 23 tahun per 31 maret 2021, yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa atau sedang tidak dalam ikatan dinas dari lembaga atau intasnisi lain. kemudian, mempunyai pengalaman menjalankan aktiviat sosial dan meiliki dampak kebermanfaatan bagi masyarakat. Dan terakhir, bersedia berperan aktif dalam mengelola dan mengembangkan komunitas Genbi,” jelasnya.

Tidak hanya kriteria umum, Rendha mengatakan para mahasiswa juga harus menyiapkan beberapa persyaratan.

“Pertama memililki indeksi prestasi minimal 3.00 (skala 4), kemudian membuat surat rekomendasi dari tokoh akademik atau tokoh non akademik, kemudian membuat resume pribadi dan surat motivasi. Di utamakan juga berasal dari keluarga yang kurang mampu, ini kriteria umumnya,” pungkasnya.

Turut hadir juga Wakil Rektor II, Dr. Abdul Hadi, M.Ag dalam sosialisasi beasiswa BI. Surat edaran tentang beasiswa juga telah disebar ke seluruh mahasiswa UIN Raden Fatah dengan Nomor : B.035/Un.09/4.3/PP.009/02/2021 yang ditandatangani oleh Wakil Rektor II, Dr. Hj. Hamidah, M.Ag.

Reporter : Bunga Yunielda, Ilham Panutan
Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *