Ratusan Calon Mahasiswa UIN RF, Ikuti TO CBT Semi Offline

Seorang peserta tengah mengisi soal Try Out UMPTKIN dalam aplikasi dengan sistem Computer Based Test (CBT) di Auditorium Rafa Tower pada Sabtu, (22/5/21). Ukhuwahfoto/IST.

UIN RF – Ukhuwahnews | Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) Lembaga Penilitian dan Pengembangan (Litbang) UIN Raden Fatah menyelenggarakan Try Out Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2021 di Auditorium Rafa Tower, UIN Raden Fatah Palembang pada Sabtu, 22 Mei 2021.

Ketua Pelaksana Trio Zuliantino mengatakan, Try Out UMPTKIN bertujuan untuk membekali calon mahasiswa baru yang hendak menghadapi seleksi UMPTKIN pada awal Juni mendatang. Namun, tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Trio juga menuturkan pelaksanan Try Out UMPTKIN tahun ini bekerja sama dengan Bimbingan Belajar BTA 70 Jakarta dan diikuti oleh 160 peserta dari berbagai daerah.

“Untuk peserta yang berasal dari kota Palembang bisa menghadiri langsung di lokasi. Namun, untuk yang berada di luar daerah dapat menghadiri kegiatan tersebut melalui aplikasi Zoom meeting,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa sistem pelaksanaan Try Out UMPTKIN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini Try out UMPTKIN diselenggarakan dengan sistem Computer Based Test (CBT) yang berbentuk semi offline.

“Kegiatan ini diawali dengan Try Out UMPTKIN yang terbagi menjadi dua sesi yaitu, sesi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan penjuruan masing masing (IPA dan IPS),” tambahnya.

Trio berharap dengan adanya Try Out UMPTKIN dapat membantu para calon mahasiswa baru dalam menghadapi seleksi UMPTKIN.

Di tempat yang sama, salah satu peserta Try Out UMPTKIN Ratu Septya mengatakan, dengan mengikuti Try Out UMPTKIN, ia bisa mengetahui tipe-tipe soal yang akan diujikan nanti.

“Soal-soal yang dikerjakan itu diluar ekspektasi sekali, ternyata soal-soalnya rata-rata tentang keagamaan, hadits, sampe ayat-ayat gitu. Kirain kaya soal-soal pengetahuan umum pada umumnya,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, soal-soal yang diujikan terbilang mudah. Namun, karena tidak terlalu mempelajari hal tersebut membuat ia lupa akan materi yang sebelumnya pernah ia pelajari.

“Semoga saat tes tidak terjadi lagi hal seperti itu, dalam rentang beberapa hari ini bisa memanfaatkan waktu untuk mempelajari soal-soal yang sekiranya belum dikuasai. Dan semoga bisa menjawab soal-soalnya ketika hari H tes nanti dengan hasil yang terbaik,” tutupnya.

Reporter : Elyssa Meiliana, Wilda
Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *