Prodi S2 Ekonomi Syariah Gaet Sertifikat Akreditasi B

UIN RF – Ukhuwahnews| Sejak dipindahkan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Program Studi (Prodi) S2 Ekonomi Syariah mulai melakukan persiapan untuk reakreditasi yang biasa dilakukan setiap 5 tahun sekali. Prodi inipun berhasil mendapatkan Sertifikat Akreditasi B pada Kamis, (8/4/21).

Prodi S2 Ekonomi Syariah dibentuk pada tahun 2013 lalu ini sempat berada dalam prodi pascasarjana dan pada tahun 2017 prodi ini dipindahkan ke FEBI.

Kepala Prodi S2 Ekonomi Syariah M. Rusydi menjelaskan bahwa Prodi S2 Ekonomi Syariah sudah habis masa akreditasi pada tahun 2019. Namun, mendapatkan visitasi karena telah mensubmit borang pada Mei kemarin.

“Sebenarnya masa akreditasi Prodi S2 Ekonomi Syariah sudah habis, tetapi kami mendapatkan visitasi sebab telah mensumbit borang,” jelasnya Selasa (13/04/21).

Lebih lanjut, Rusydi  juga menjelaskan serangkaian persiapan yang telah dilakukan dari tahun lalu untuk menyiapkan visitasi.

“Persiapan untuk menyambut visitasi beragam, dari workshop visitasi yang mengundang assessor eksternal, sampai simulasi Assestment Lapangan (AL) Daring yang dilakukan beberapa kali. Dan yang tak kalah sibuknya ialah penyiapan dokumen yang dilakukan secara marathon hingga AL Daring berlangsung,” jelasnya.

Rusydi berharap agar proses akreditasi yang akan datang benar-benar dipersiapkan dengan matang, sebab sudah menggunakan kriteria 9.

“Harapannya, untuk proses akreditasi yang akan datang harus benar-benar dipersiapkan dengan matang karena sudah menggunakan kriteria 9 yang jauh lebih sulit dari yang sekarang,” harapnya.

Sementara itu, mahasiswa S2 Ekonomi Syariah Nurfala Safitri mengatakan bahwa ia merasa bangga dan berterima kasih kepada dosen dan staf yang menjadi tim akreditasi Prodi S2 Ekonomi Syariah.

“Saya selaku mahasiswa S2 Ekonomi Syariah mengucapkan terima kasih kepada tim akreditasi atas dedikasi yang telah mereka berikan selama proses akreditasi,” ujarnya.

Terakhir, Nurfala berharap agar semua civitas akademika dapat bekerjasama sehingga prodi ini dapat mencapai visi misi yang diharapkan.

“Bukan berlaku hanya kepada dosen dan staf prodi, tetapi juga bagi mahasiswa mampu tampil sebagai seorang akademisi maupun praktisi yang bernilai tinggi dengan memanfaatkan semua fasilitas yang sudah sangat baik dan bagus saat ini,” tutupnya.

Reporter : Ananda Putri Aisyah
Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *