Prodi PBA Capai Akreditasi Baru

UIN RF – Ukhuwahnews | Salah satu Program Studi (Prodi) di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yaitu Prodi Bahasa Arab (PBA) resmi mendapatkan Akreditasi A atau unggul dengan memperoleh skor nilai 361 pada Rabu, (3/2/21).

Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Kepala Prodi PBA, Kristina Imron bahwa Prodi PBA telah mendapatkan akreditasi baru dengan melakukan persiapan selama enam tahun terakhir.

“Persiapan untuk akreditasi dilakukan kurang lebih sejak tahun 2016, dengan mengumpulkan data-data untuk penyusunan borang akreditasi,” kata Kristina.

Kristina juga menjelaskan bahwa di dalam borang tersebut terdiri dari tujuh standar atau kriteria yang sudah di persiapkan sebelum menghadapi assessor/assassmen lapangan.

“Pertama, visi dan misi dan strategi pencapaian, kedua tata pamong kepemimpinan sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, ketiga mahasiswa dan kelulusan, keempat sumber daya manusia (SDM), kelima kurikulum pembelajaran dan suasana akademik, keenam pembiayaan sarana dan prasarana serta sistem informasi pemesanan, terakhir penelitian pelayanan pegabdian kepada masyarakat dan kerjasama,” jelasnya.

Lebih lanjut Kristina menjelaskan bahwa seharusnya Prodi PBA sudah di visitasi pada tahun 2018 namun sempat tertunda karena berbagai hal.

“Jadwal visit (kunjungan) oleh assesmen lapangan harusnya di tahun 2018 yang lalu tetapi karena adanya perubahan aturan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan kemudian pandemi pada tahun 2019 menyebabkan visitasi ini terpaksa di undur, sampai akhirnya dilakukan assesmen lapangan secara daring pada Januari 2021 ini,” ungkapnya.

Selain itu Kristina juga mengatakan, Prodi PBA tidak menghadapi kendala yang cukup signifikan karena sebelum dilakukannya assesmen lapangan pihak prodi sudah melakukan beberapa kali simulasi.

“Kami melakukan simulasi baik internal maupun eksternal, simulasi eksternal dibantu oleh beberapa assesor baik dari BAN PT UIN Raden Fatah dan kami juga mengundang assesor dari pihak luar yaitu Prof Abdul Munif dari UIN Sunan Kalijaga,” ujarnya.

Kristina mengaku, dengan diperolehnya akreditasi unggul menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola prodi untuk dapat menjaga standar mutu baik standar pembelajaran, lulusan, sarana dan prasarana sehingga proses pembelajaran akan lebih diperhatikan.

”Berbagai upaya akan dilakukan untuk meningkatkan mutu lulusan PBA UIN Raden Fatah agar menjadi lulusan yang lebih unggul dan mampu bersaing dalam berbagai kompetisi baik di  dalam negeri maupun di luar negeri, sehingga kedepannya nanti mahasiswa PBA dapat lebih berkompeten dan juga mampu bersaing di dunia kerja,” harapnya.

Sementara itu, salah satu Mahasiswa PBA M. Iqbal Haris mengatakan, Prodi PBA mendapatkan akreditasi A merupakan kabar baik dan sangat membanggakan bagi mahasiswa jurusan PBA.

“Sehingga dengan adanya akreditasi PBA menjadi A sangat berpengaruh bagi dunia akademik terutama pada dunia kerja nantinya,” tutupnya.

Reporter: Bunga Yunielda, Reza

Editor: Rezzy Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *