Prodi KPI UIN RF Tutup September dengan Semprokan 94 Mahasiswa

Salah satu mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam melakukan ujian seminar proposal

UIN RF – Ukhuwahnews | Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN Raden Fatah Palembang berhasil mengantar 94 mahasiswanya untuk melaksanakan Seminar Proposal (Sempro) dalam satu bulan. Kamis, (02/10/21).

Hal ini diapresiasi oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Dr.Achmad Syarifuddin, MA, ia mengatakan bahwa ini merupakan pencapaian yang fantastis, karena untuk melaksanakan Sempro bukanlah hal yang sembarangan, apalagi sampai 94 mahasiswa diujikan dalam satu bulan.

“Satu bulan saja sudah melaksanakan sempro 94 mahasiswa, ditambah kedepan KPI akan mengadakan webinar series sampai akhir semester ganjil, saya rasa patut diacungi jempol, sungguh keaktifan yang luar biasa, saya sangat apresiasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Syarif mengungkapkan bahwa proses revisi dari penguji sempro dan pembimbing akan menambah kelayakan skripsi yang diselesaikan oleh mahasiswa. Keseriusan para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya akan menambah deretan percepatan/ketepatan penyelesaian studi dalam waktu 8 semester.

“Ini akan menambah poin akreditasi terutama dalam ketepatan penyelesaian studi di FDK. Tentunya, penyelesaian studi tepat waktu bukan berarti asal selesai, namun melalui proses verifikasi, bimbingan oleh dosen dan checking plagiarism untuk memastikan bahwa penyelesaian studi tepat waktu tetap mengacu pada standar dan ketentuan yang ditetapkan, ” tegasnya.

Kepala Prodi KPI Neni Noviza, M.Pd mengatakan bahwa ini adalah cara agar mahasiswa bisa selesai tepat waktu, meskipun terkadang merasa kelelahan dalam melayani mahasiswa yang ingin ujian Sempro.

“Tapi ini sudah menjadi tugas dan kewajiban kami agar anak didik kami bisa selesai tepat waktu,” ujarnya.

Neni pun merasa bangga ketika bisa mendukung mahasiswa Prodi KPI agar dapat selesai tepat waktu.

“Mengingat Prodi KPI yang akreditasinya sudah A, maka haruslah dijaga aspek-aspek penting yang ada didalam poin-poin akreditasi seperti kelulusan mahasiswa yang tepat waktu dan lain sebagainya,” ujarnya.

Senada dengan itu, Sekretaris Prodi KPI Muhammad Randicha Hamandia, M.Sos juga mengatakan bahwa mahasiswa yang akan sempro harus melakukan tahapan-tahapan verifikasi.

“Kami tidak mau asal saja menerima mahasiswa yang mau sempro. Meskipun kami merasa senang ketika 94 mahasiswa kami bisa seminar proposal dalam satu bulan, yang mana biasanya dalam satu bulan kisaran 10-12 mahasiswa yang sempro tapi ini diluar ekspektasi saya dan ibu kaprodi,” ujarnya.

Selain itu, Randicha menambahkan Prodi KPI juga akan melaksanakan webinar series setiap minggu sampai tutup semester ganjil ini tepatnya akhir Februari 2022.

“Tak hanya dalam hal seminar proposal tapi kami juga memotivasi mahasiswa dalam hal pengaplikasian ilmu yang didapat selama ini melalui webinar/seminar yang akan dilaksanakan secara rutin sampai akhir semester ganjil sementara ini.”

Randicha berharap, Prodi KPI haruslah bisa lebih meroket lagi dalam hal pencapaian-pencapaian prestasi dan lain sebagainya sesuai slogan yang sering didengungkan di fakultas dakwah yakni “Dakwah Meroket”.

“Karena dengan semakin semangat untuk mencapai sesuatu hal yang lebih baik lagi untuk prodi maka ini akan menjadi nilai plus bagi kami semua terkhusus lembaga tercinta Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang,” tutupnya.

Ril/Prodi KPI
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *