Read Time:1 Minute, 47 Second

UINRF – Ukhuwahnews | Praja Muda Karana (Pramuka) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang jadi tuan rumah Karya Bakti Nasional (Kartika) XXIII di Desa Tabuan Asri, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Senin (02/09/2024).

Kegiatan Kartika XXIII tahun 2024 diadakan mulai dari Minggu (01/09/2024) hingga Sabtu (07/09/2024), ada ratusan peserta yang ikut hadir dalam kegiatan ini dari Pramuka se-Indonesia.

Pejabat Sementara (PJS) Gubernur yang diwakili oleh Ka. Kwartir Daerah (Kwarda) Kota Palembang, Riza Fahlevi menyampaikan melalui Kartika XXIII tahun 2024 untuk membangkitkan sumber daya dan optimal kan kreativitas lokal yang berwawasan.

“Tema ini dipilih sebagai bentuk respons terhadap tantangan yang dihadapi masyarakat saat ini, seperti lingkungan, sosial, melalui Kartika kita ingin menunjukkan bahwa Pramuka selalu siap menjadi solusi bagi permasalahan yang ada,” sampainya.

Ketua Pelaksana Kartika, Fahri mengatakan dalam kegiatan Kartika ada banyak kegiatan dan semua Pramuka akan terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

“Kegiatan ini akan difokuskan pada kegiatan bakti, sosialisasi dan pengabdian kepada masyarakat contohnya seperti pembersihan lingkungan, penanaman pohon, dan sosialisasi hidup sehat,” kata Fahri

Baca juga: Rektor UIN RF, Resmi Melantik Jajaran Pejabat UIN RF di Periode 2024-2028

Ia menjelaskan peserta kegiatan Kartika merupakan Pramuka seluruh Indonesia yang telah diundang sebelumnya.

“Peserta Kartika merupakan tamh undangan dari kami selaku panitia acara, kami telah mengundang organisasi pramuka di Universitas seluruh Indonesia,” jelasnya

Lebih lanjut, ia menyebutkan kegiatan Kartika ke-23 tahun telah didukung oleh beberapa pihak seperti perusahaan dan lembaga pemerintahan.

“Kegiatan kami didukung oleh Kepolisian Resor (Polres) setempat, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan perusahaan swasta, dukungan ini sangat berarti bagi keberhasilan pelaksanaan kegiatan,” ucapnya

Terakhir, Fahri berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan dapat mengangkat derajat Pramuka Indonesia di mata masyarakat.

“Semoga menjadi dapat diambil sisi positifnya dan dapat meningkatkan citra Pramuka, bahwa saat ini Pramuka sangat peduli terhadap masyarakat,” tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilah Pramuka dari UIN Palu, Racana UT Palembang, Universitas Teuku Umar (Aceh), UIN Syarif Hidayatullah (Jakarta), UIN Lampung, IAIN SAS Bangka Belitung, IAN Curup, dan Universitas Solok (Sumbar).

Reporter: Annisa Salsabila Sukma
Editor: Putri Ayu Lestari

About Post Author

Putri Ayu Lestari

Mahasiswa Program Studi Jurnalistik tahun 2021 UIN Raden Fatah Palembang
Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Rektor UIN RF, Resmi Melantik Jajaran Pejabat UIN RF di Periode 2024-2028
Next post Anak Kost Harus Tau! Dua Menu Simpel yang Wajib Dicoba Saat Tanggal Tua