Petugas Kebersihan Kampus Resah Mahasiswa Minim Kesadaran Jaga Kebersihan

Seorang Petugas kebersihan di kampus A UIN Raden Fatah Palembang, Muaran (42) sedang mengumpulkan daun-daun kering di sekitar Lapangan Bola Basket. Sabtu, (28/11/20). Ukhuwah Foto/Bagus Rizki.

UIN RF – Ukhuwahnews | Berbicara tentang keberishan khususnya di sekitaran kampus ternyata membuat petugas kebersihan resah terhadap kurangnya kesadaran mahasiswa dalam menjaga kebersihan. Hal tersebut diungkapkan salah satu petugas kebersihan UIN Raden Fatah Palembang, Muaram (42).

“Masih ada beberapa mahasiswa yang suka mengotori, yang membuat kami kesal,” ujarnya saat di wawancarai di Lapangan Basket UIN Raden Fatah Palembang, Sabtu (28/11/20).

Menurutnya, selain minimnya kesadaran dari mahasiswa, kampus biru juga kekurangan fasilitas tempat sampah khususnya di sekitar Lapangan UIN Raden Fatah Palembang. “Kotak sampah di UIN masih sedikit dan masih kurang,“ imbuhnya.

Tidak hanya itu, Muaram sangat menyayangkan kebiasaan mahasiswa ataupun warga kampus lainnya yang masih membuang sampah sembarangan. “Masih sedikit kesadaran mahasiswa akan membuang sampah pada tempanya,” sampainya.

Sementar itu, saat kondisi pandemi ini, Muaram merasa tidak ada perbedaan yang terlalu jauh terkait pekerjaan yang dilakukannya ketika sebelum pandemi. Menurutnya, walaupun dimasa pandemi masih banyak orang datang ke kampus untuk melakukan kegiatan. Salah satunya kegiatan olahraga di sekitar Lapangan Sepakbola. 

“Kalau di masa pandemi ini, sampah dedaunan kering masih sama saja seperti sebelum pandemi,” katanya.

Merespon keresahan petugas kebersihan, Mahasiswi jurusan Sistem Informasi, Sari mengatakan, untuk mahasiswa bisa meningkatkan kesadarannya perihal menjaga kebersihan di lingkungan kampus. Menurutnya, menjaga kebersihan itu suatu hal yang sangat penting, sebab kebersihan itu sebagian dari iman.

“Selain itu juga sangat berguna bagi kesehatan. Kalau bersih pemandangannya kan jadi enak dilihat, karena tidak hanya para petugas saja yang membersihkan tetapi para mahasiswa juga harus sadar akan kebersihan lingkungan sekitar kampus kita,” pungkasnya.

Reporter : Calon Anggota LPM Ukhuwah (Bagus Rizki, Rizki Prayoga, Ira Nurmaniar, Sri Astuti, Yunita), Muhammad Ilham Akbar

Editor : Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *