Perjuangan PGMI Raih Akreditasi A

UIN RF – Ukhuwahnews | Setelah melalui banyak proses akhirnya Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) berhasil mendapatkan akreditasi A pada Selasa, (23/02/21).

Kepala Prodi PGMI Tutut Handayani mengatakan, untuk mencapai akreditasi A prodi harus memenuhi semua matrik akreditasi.

“Persiapan untuk akreditasi ini tentunya harus sesuai dengan matriknya, misalnya di matrik itu standarnya 4 Sumber Daya Manusia (SDM), nah dari 4 SDM itu kita harus tau apa saja yang harus kita penuhi untuk mencapai akreditasi A,” jelas Tutut.

Tutut juga mengatakan penyusunan borang menjadi tahapan pertama untuk mencapai akreditasi A.

“Pertama itu kita melakukan penyusunan borang, kedua mengumpulkan bukti fisik, kemudian juga ada visitasi seperti assesmen lapangan dalam jaringan,” ujarnya.

Tutut mengaku, Pencapaian akreditasi A itu berkat kerja sama tim yang kompak dan solid.

“Untuk menyusun borang di support oleh tim yang kompak dan solidaritas seluruh kepala prodi, dosen, dan lainnya yang juga berjuang agar PGMI mendapatkan nilai A,” ungkapnya.

Selain itu, Tutut juga menjelaskan bahwa mencapai akreditasi A mempunyai kriteria atau standar tertentu.

“Misalnya standar 4 yaitu SDM, nah SDM ini dilihat dari dosennya. Ada juga standar 3 yaitu mahasiswa, seperti nilai Index Prestasi Komulatif (IPK) mahasiswanya, dan standar 1 yaitu tentang visi misi, membahas tentang sinkron atau tidak visi misi dengan universitas, fakultas, dan juga prodi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Tutut menjelaskan bahwa dana adalah salah satu hambatan untuk mencapai akreditasi.

“Untuk mencapai akreditasi A tentunya kita harus bagus dalam segala hal, untuk menjadikannya bagus itu maka diperlukannya dana tadi,” pungkasnya.

Tutut berharap, Prodi PGMI bisa mempertahankan Akreditasi A dan mahasiswa PGMI semakin berkualitas.

“Prodi PGMI bisa mempertahankan Akreditasi A, karena untuk mempertahankan itu lebih sulit daripada memperjuangkannya dan juga harapan saya untuk anak-anak PGMI tambah berkualitas, dan semoga mereka lulus dengan nilai yang memuaskan,” harapnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa PGMI Devi Agustiana mengatakan, Prodi PGMI mendapatkan akreditasi A merupakan suatu kebanggaan dan kabar baik bagi mahasiswa jurusan PGMI.

“Dengan adanya akreditasi ini PGMI diharapkan lebih baik lagi kedepannya dan lebih baik lagi dalam segala hal,” tutupnya.

Reporter : Risna Calia, Annisa Meidiani (Anggota Magang)

Editor : Bunga Yunielda

Satu tanggapan untuk “Perjuangan PGMI Raih Akreditasi A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *