Peringati HUT RI Ke-77, UIN RF Gelar Upacara Kemerdekaan

Pengibaran bendera merah putih oleh paskibraka. Ukhuwahfoto/ Adrian sidik

UIN RF – Ukhuwahnews | Dalam memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77, Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang bersama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Palembang dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Fatah Palembang menggelar upacara kemerdekaan di lapangan Kampus A.

Agenda yang berlangsung pada Rabu (17/08/2022) pagi ini mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Acara ini dimulai dengan komandan pasukan menyiapkan barisannya. Setelah itu, komandan upacara memasuki lapangan upacara dilanjutkan dengan penghormatan dan laporan pemimpin barisan.

Kemudian, Rektor UIN RF Nyayu Khodijah Selaku Inspektur Upacara memasuki lapangan dan dilanjutkan dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara.

Setelah itu, pengibaran bendera merah putih dari siswa/i MAN 2 Palembang dan MA Al-Fatah Palembang diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Seterusnya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dimulai dari inspektur upacara.

Lebih lanjut, Pengucapan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh siswa MAN 2 Palembang, pembacaan teks pancasila yang dipimpin oleh inspektur upacara kemudian diikuti peserta upacara, pembacaan surat keputusan Presiden RI dan penyematan tanda kehormatan Satya lencana karya baru.

Pasukan pengibar bendera pusaka kembali ke barisan setelah menaikan bendera. Ukhuwahfoto/ Adrian sidik

Nyayu Khodijah dalam amanatnya mengucapkan terimakasih kepada semua dosen dan pegawai yang mendapat lencana satya sekaligus bersyukur sudah memasuki usia 77 tahun kemerdekaan.

“Usia ini bukan hal yang mudah, saya mengajak kalian semua belajar yang giat agar kita kedepannya mendapat hal yang lebih baik untuk diri sendiri dan bangsa negara,” ajaknya.

Baca Juga: Potret Upacara HUT RI Ke-77 di Sekolah Filial

Lebih lanjut, ia mengutarakan tanggapannya mengenai upacara ini. Menurutnya, sebagai upacara pertama yang dilakukan usai pandemi, kegiatanbini berlangsung dengan baik.

“Luar biasa karena ini adalah upacara pertama setelah pandemi baru bisa upacara kembali,” ujarnya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu nasional yang dipersembahkan marching band UIN Raden Fatah Palembang.

Terakhir, inspektur meninggalkan lapangan upacara dan dilanjutkan dengan penghormatan kepada komandan upacara hingga sampai barisan dibubarkan.

Upacara ini dihadiri oleh Wakil Rektor, Dekan, Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, Kepala Prodi, Dosen, Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, Kepala Man 2 Palembang dan MA Al-Fatah beserta guru dan siswa.

Reporter: Imelda Melanie

Editor: Wisnu Akbar Prabowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *