Pengurus Pusat ASPIKOM: Perlunya Strategi Tepat dalam Hadapi Era Digitalisasi

Sesi tanya jawab dosen tamu Dr. Yanuar Luqman M. Si (Sebelah kiri) dan moderator acara sekaligus Dosen FISIP UIN Raden Fatah Palembang, Ahmad Muhaimin, M.Si (Sebelah kanan).

UIN RF – Ukhuwahnews | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Raden Fatah gelar kuliah tamu mengenai Cyber Public Relation. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Rafa Tower lantai dua. Senin, (8/11/21)

Dalam kuliah tamu ini FISIP mengundang Pengurus Pusat ASPIKOM atau Sekertaris Program Studi Ilmu Kmunikasi Universitas Diponogoro, Dr. Yanuar Luqman, M.Si yang membawakan tema “Transformasi Public Relations menuju Cyber Public Relation di Era Digital”

Yanuar mengatakan, di era digitalisasi pihak kampus perlu menjawab tantangan paradigma baru dalam membangun stategi dan taktis komunikasi dan menguasai seluruh spektrum komunikasi di berbagai perspektif baik dari luar ataupun dalam sebuah organisasi.

“Kita perlu menyajikan informasi dengan cepat serta akurat, selain itu harus siap berkerja dengan waktu yang tidak dapat ditentukan dan dapat andil dalam situasi krisis sekalipun,” katanya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, untuk penyesuaian diri dengan perkembangan teknologi dan lingkungan kerja harus dipersentasikan oleh sebuah institusi untuk menjawab tantangan perkembangan yang berbeda-beda.

“Dari sini peran humas kampus diperlukan dalam membangun kepercayaan serta komunikasi terbuka, harus ada timbal balik yang jujur, sebab kejujuran itulah yang perlu dibungkus sehingga tidak merusak image instansi,” jelasnya.

Pada akhir materi, beliau menyampaikan era sekarang masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget untuk menerima informasi.

“Sebuah survei mengatakan seseorang dapat menghabiskan delapan jam waktunya untuk membuka internet, seperti video youtube, menonton vlog, mendengarkan musik dan mendengarkan podcast,” imbuhnya.

Menanggapi materi tersebut, Mahasiswa Semester tiga Jurusan Jurusan Ilmu Komunikasi, Amelia Triana mengatakan perkembangan public relation di era milenial ini mengharuskan generasi milenial menjadi generasi yang adaptability.

“Dalam kuliah tamu ini telah dijelaskan generasi muda harus peka dengan perkembangan zaman agar kita dapat bersaing dengan tantangan-tantangan yang ada,” katanya.

Dengan adanya acara ini, Amel mengungkapkan ia sangat tertarik pada materi lima aspek penting dalam menjadi humas profesional, yaitu enviromental scanning, scenario building, issue management, crisis management, serta reputation management.

“Selanjutnya, saya berniat untuk bergabung di menjadi bagian human organisasi saya, Abiasa Abicandra Fisip (AAF). Menurut saya materi itu sangat penting dalam perkembangan organisasi itu,” tutupnya.

Reposter: Siti Alicia Zahirah
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *