Pantau Hilal di Gedung Rafah Tower, Selasa, 13 April 2021 ditetapkan Puasa

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Agama Provinsi Sumatera Selatan H. Khusrin sedang melihat hilal menggunakan teleskop yang dipasang di atap Gedung Rafah Tower Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Senin (12/4/21). Ukhuwahfoto/Wisnu Akbar.

UIN RF – Ukhuwahnews | Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia menetapkan UIN Raden Fatah sebagai salah satu lokasi pemantauan hilal untuk Wilayah Provinsi Sumatra Selatan. Pemantauan hilal ini dilakukan di Rooftop Gedung Rafah Tower UIN pada Senin, (12/4/21).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Khusrin, M.M, mengatakan bahwa hilal sulit untuk dilihat di lokasi ini karena cuaca yang mendung.

“Sampai saat ini wilayah kita kondisinya redup, sehingga kita tidak bisa melihat hilal,” ujarnya.

Untuk menunggu keputusan 1 Ramadan 1442 Hijriah, Khusrin mengatakan masyarakat bisa menunggu pengumuman dari Menteri Agama.

“Saya mendapat sinyal dari tim hisab rukyat yang berada di bawah naungan Kemenag. Kemungkinan besar tanggal 1 Ramadan 1442H jatuh pada Selasa besok,” lanjutnya.

Ketua Tim Ahli Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, Muhammad Teguh Sobri saat mengamati posisi hilal melalui teleskop yang dipasang di atap Gedung Rafah Tower Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang pada Senin (12/4/21). Ukhuwahfoto/Wisnu Akbar.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Ahli Badan Hisab Rakyat, Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, Muhammad Teguh Sobri mengatakan, hilal tidak terlihat karena cahaya matahari yang terlalu terang.

“Sekarang ini persoalannya bukan awan mendung lagi, tapi sudah Azimut (jarak antara hilal dan matahari terlalu dekat),” katanya saat diwawancara.

Teguh Sobri menjelaskan, posisi hilal berdasarkan data hisab sudah di atas tiga derajat.

“Berdasarkan dari data hisab, dijelaskan bahwa sore ini tanggal 29 Sya’ban, matahari dalam hitungan hisab berada dalam ketinggian di atas tiga derajat. Tiga derajat itu sudah memenuhi persyaratan bahan untuk dilaporkan ke pusat,” tuturnya.

Pada siaran konferensi pers yang dilakukan oleh Kemenag hari ini telah ditetapkan bahwa 1 Ramadan 1442 H atau awal puasa Ramadan 1442 H Jatuh pada Selasa, 13 April 2021 besok. Keputusan ini didapat setelah Kemenag menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1442 H pada Senin (12/4/2021) hari ini.

Reporter : Annisa Dwilya
Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *