Menyikapi Pemberitaan Optimal, Beritamusi.co.id dan FISIP Laksanakan Seminar

Seminar literasi media digital yang dibawakan oleh Romi Maradona, Founder Berita Musi.co.id (Kiri) dan Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah Bali Dr.I Negah Muliarta (Tengah) dipandu oleh moderator Gita Astrid,M.Si (Kanan) selaku Dosen Ilmu Komunikasi bertempat di Auditorium Rafah Tower lt.1. Sabtu(13/11/21)

UIN RF – Ukhwahnews | Mengangkat tema “Literasi Media di Era Digital” Divisi Laboratorium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (HMPS FISIP) bersama Beritamusi.co.id Palembang mengajak peserta seminar untuk mengenal pemberitaan online. Sabtu, (13/11/21).

Seminar yang dilangsungkan di Aula Gedung Rafa Tower ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan terhadap keberadaan Jurnalis dan mengasah ilmu lebih dalam mengenai media online serta teknik penulisan Opini juga Berita.

Dalam materi seminar, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Bali I Nengah Muliarta mengatakan, untuk membuat berita yang baik dan disampaikan kepada publik masyarakat harus memiliki persyaratan dan kefaktualan data yang lengkap.

“Harus mempunyai 5W+1H bahkan sturuktur kepenulisan harus paham agar dalam penulisan perisitiwa bisa secara menyeluruh,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa jurnalis adalah penyalur informasi yang dibagikan pada periode waktu tertentu atas kepentingan publik.

“Kewajiban pertama jurnalis ialah pada kebenaran. Sekali diucapkan harus dimengerti pembaca kebenaran seorang jurnalis juga dilihat dari mampunya dalam meriset, observasi dan interview,” jelasnya.

Terakhir, ia mengarahkan serta memotivasi untuk anak zaman era digital sekarang untuk lebih banyak memberikan karya yang mana nantinya akan dikenang masa depan.

“Sebaiknya belajar menulis opini dulu saja yang penting ide dan isi sudah lengkap. Jangan jadikan media sosial sebagai pembawa buruk namun dialihkan menjadi pengekspresian dalam diri,” ujarnya.

Dilanjutkan oleh Romi Maradona selaku Founder Berita Musi.co.id, ia mengingatkan para peserte seminar agar jangan tertipu dengan media online yang belum terdaftar karena media online resmi pastinya sudah  memiliki verifikasi adminitrasi faktual.

“Sebagai pembaca kita seharusnya melihat dulu apakah media tersebut resmi jangan sampai tertipu dengan media abal abal. Media baru juga harus memahami konten yang disukai oleh masyarakat.Dan kewajiban media memberikan kesempatan serta fasilitas untuk wartawannya,” tutupnya.

Reporter: Odelia Winneke
Editor: Bunga Yunielda

Satu tanggapan untuk “Menyikapi Pemberitaan Optimal, Beritamusi.co.id dan FISIP Laksanakan Seminar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *