Mendekati Pemira 2021, KPUM UIN RF Buka Pendaftaran Panwaslu

Terlihat beberapa mahasiswa sedang mengisi formulir pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di sekretariat lantai dua Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa UIN Raden Fatah. (Sumber foto : IST)

UIN RF – Ukhuwahnews | Mendekati Pemilu Raya Mahasiswa (Pemira) 2021, Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa UIN Raden Fatah 2021 (KPUM) telah mengadakan sosialisasi pemilihan sebagai ajang konsentrasi politik kemahasiswaan. Kini, pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) mulai dibuka pada tanggal 11 Juni 2021 hingga pukul 17.00 sore tadi.

Ketua KPUM Fahmisi mengatakan, Sistem pendaftaran Panwaslu memiliki persyaratan yaitu, bertaqwa kepada Allah, memiliki kartu tanda mahasiwa, fotocopy kartu hasil studi, melampirkan foto calon anggota, mengisi surat pernyataan yang sudah disepakati dan bukan pengurus organisasi. Namun, bila peserta merupakan pengurus organisasi harus menyertakan surat cuti dari organisasi yang diikuti.

“Persyaratan tersebut dijadikan satu dalam map sesuai dengan fakultas dan dikumpulkan terakhir jam 5 sore nanti di sekertariat lantai dua KPUM UIN Raden Fatah Palembang,” katanya saat diwawancarai. Jum’at, (11/06/21) siang.

Fahmisi menambahkan, Peserta yang mengikuti seleksi minimal mengenyam pendidikan pada semester dua sampai semester delapan dan diwajibkan bagi seluruh fakultas untuk mengirimkan calon anggota panwaslu.

“Sampai saat ini kurang lebih ada sepuluh orang yang sudah mendaftar dan sudah ada beberapa yang telah memenuhi persyaratan,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Baskoro Adhi Pratama Putra selaku mahasiswa semester enam berharap untuk pengurus periode selanjutnya dapat memegang amanah dengan baik dan jujur agar pada pemilihan nanti tidak ada tindak kecurangan.


“Yang pasti lebih baik dari yang sebelumnya, lebih transparan, mengurangi atau menghilangkan isu kecurangan dari pihak KPUM karena banyak di zaman saya isu kecurangan itu betebaran walau tak terbukti,” tutupnya.

Sementara itu, pada pukul 21.20 WIB telah di umumkan anggota Panwaslu yang berjumlah 18 orang dari berbagai fakultas di UIN Raden Fatah.

Reporter : Odelia Winneke dan Siti Alicia Zahirah
Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *