MAPALA UIN RF Galang Dana Bencana Erupsi Gunung Semeru

Palembang – Ukhuwahnews | Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember lalu, memberikan dampak yang cukup besar. Khususnya bagi masyarakat yang memiliki tempat tinggal di bawah kaki gunung sang mahameru.

Namun, pemerintah dan rakyat Indonesia tidak tinggal diam begitu saja, ketika saudara-saudaranya tertimpa bencana besar yang menyebabkan kesulitan. Banyak masyarakat dan elemen mahasiswa melakukan penggalangan dana untuk membantu ataupun meringankan beban saudara yang mendapat musibah.

Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) UIN Raden Fatah. Unit kegiatan Mahasiswa Khusus ini menyelenggarakan aksi penggalangan dana dengan turun ke jalan-jalan besar di Palembang dan sekitaran kampus.

Anggota MAPALA UIN RF sedang menjalankan Aksi Penggalangan Dana Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru di Fly Over Simpang Polda, Palembang, Sumatera Selatan. Kamis (9/12/2021). Ukhuwahfoto/M. Reza Arya

Ketua Pelaksana, Laka Jufourlis menghimbau kepada seluruh anggotanya untuk melaksanakan aksi ini sebagai relawan kemanusian yang bertujuan untuk meringankan saudara kita yang terdapat musibah.

“Jadi sebisa mungkin kita memaksimalkan penggalangan dana ini,” ujar Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan tersebut. Kamis, (9/12/21).

Ia juga menyampaikan untuk mengumpulkan dana ataupun donasi bisa dalam bentuk digital yang dapat ditransfer sesuai rekening yang ditentukan.

“Donasi dapat ditransfer melalui Link Aja dengan Scan QR Code yang telah tertera didalam pamflet kita atau melalui rekening mandiri dan Bank BRI,” ujarnya

Tak hanya itu, Ia juga mendo’akan kepada korban bencana agar dapat pulih dan sembuh dan berharap dana ataupun donasi yang terkumpul mampu memberikan sedikit keringanan dari kondisi sebelumnya.

“Semoga bencana ini cepat selesai, dan kepada korban untuk lekas pulih dan cepat sembuh dan selain itu juga dapat meringankan dana dan donasi yang telah dikumpulkan dari aksi penggalangan ini,” ujarnya

Sementara itu, Koordinator Lapangan Mahesa Putra mengatakan, dalam aksi pegalangan dana ini mendapat respon positif dari masyarakat.

“Respon baik dari masyarakat begitu besar, dimana pada hari ketiga aksi pegalangan dana telah terkumpul Rp7.868.900,” ujar Mahasiswa Jurusan Jurnalistik tersebut.

Sebelumnya, ia juga mengatakan penggalangan dana ini dilakukan melalui izin dari Kepala Bidang Dinas Sosial (Dinsos) yang memberikan titik tempat untuk penggalangan dana.

“Perizinan ini melalui dengan memasukkan surat kegiatan terhadap kabid dinsos, lalu diberikan titik yang telah diizinkan seperti pada hari ini kami diberikan di titik polda bersama organisasi lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan setelah penggalangan dana ini, lima anggota dari divisi SAR (Search And Rescue) akan berangkat ke lokasi tempat kejadian bencana alam erupsi gunung semeru.

“Kami telah mengajukan diri untuk meminta bantuan dari Dinsos menjadi Relawan yang berangkat langsung ke lokasi bencana alam,” ujarnya.

Terakhir, ia berharap masyarakat Indonesia dapat konsisten untuk memberikan bantuannya serta memberikan dukungan bukan melalui dari eksternal saja tetapi dukungan secara internal juga.

“Korban perlu dukungan karena trauma atas kejadian yang dialami, selain melalui support dari penggalangan dana, kondisi mental juga perlu untuk didukung,” ujarnya.

Reporter: M. Reza Arya
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *