Mahasiswa UIN RF Lakukan Mogok Bayar UKT, Rektorat Beri Respon Potongan UKT

IST

UIN RF – Ukhuwahnews | Sejumlah Fakultas di UIN Raden Fatah melakukan gerakan mogok bayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) via daring. Gerakan ini bertujuan memberhentikan sementara pembayaran UKT sampai Rektor UIN RF memberikan kebijakan yang sesuai dengan keadaan saat ini.

Gerakan tersebut dilakukan melalui unggahan cerita dan pesan berantai dari grup ke grup WhatsApp mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Terpantau dari reporter Ukhuwahnews, gerakan menyebarkan poster mogok bayar UKT sejak Selasa (2/2/2021) sore hari.

Mengklarifikasi hal tersebut, Gubernur Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum, Aziz Fatturahman membenarkan adanya gerakan tersebut. Aziz menilai, bahwa gerakan ini murni bentuk kritik terhadap rektorat UIN Raden Fatah Palembang.

“Menurut saya, pembayaran UKT ini sangat tidak efektif dan relevan dengan keadaan sekarang. Dan waktu yang diberikan rektorat untuk membayar UKT juga sangat terbatas,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Selasa (2/2/2021).

Aziz juga mengatakan, melihat kondisi Indonesia saat ini belum pulih dan normal kembali. Tak hanya itu, kata Aziz, sistem pendidikan sekarang juga masih menggunakan daring.

“Dilihat dengan kondisi sekarang masih di tengah masa pandemi dan pembelajaran daring masih berlangsung belum pulih normal seperti sedia kala. Harapan saya semoga seluruh elemen ikut tergabung karena ini demi mahasiswa itu sendiri,” imbuhnya.

Menanggapi gerakan yang dilakukan Aziz dan mahasiswa lain, Wakil Rektor III UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Hj. Hamidah, M.Ag mengatakan untuk memperjelas konsep penolakkan dan boikot tersebut.

“Perlu diperjelas konsep penolakkan dan boikot,” sampainya melalui pesan WhatsApp.

Terkait pembayaran UKT, Rektor UIN Raden Fatah Palembang telah menerbitkan surat edaran Pengumuman Pembayaran Sumbangan Pelaksanaan Pendidikan (SPP) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) nomor B.012/Un.09/4.2/PP.09/01/2021. Isi pengumuman tersebut adalah agar melakukan pembayaran uang kuliah terhitung tanggal 15-27 Febuari 2021.

Rektorat UIN RF Beri Potongan UKT

Gerakan mogok bayar UKT secara daring sepertinya membuahkan hasil. Pada siang Rabu (3/2/2021), beredar info melalui pesan grup WhatsApp mahasiswa terkait adanya potongan UKT dengan bersyarat.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Mirwan Fasta membenarkan info yang beredar tersebut. “Info resminya setelah ada tanda tangan Rektor,” jelasnya melalu pesan WhatsApp, Rabu (3/3/2021).

Ada enam syarat yang tertera dalam info tersebut, kata Mirwan, mahasiswa yang melakukan potongan UKT bukan diseleksi tetapi melakukan verifikasi.

“Bukan seleksi tetapi verifikasi. Untuk potongan 10 % hanya permohonan dan fotocopy kartu keluarga, 80 % permohonan dan transkrip nilai, 100 % menyerahkan surat permohonan dan dokumen pendukung dari instansi/dinas terkait,” paparnya.

Untuk lebih jelasnya, Mirwan mengatakan silahkan melihat informasi di web resmi UIN Raden Fatah Palembang atau konfirmasi ke pihak Biro Administrasi Kampus.

“Cek di web atau konfirmasi di BAK,” pungkasnya.

Reporter: Yuni Rahmawati
Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *