Mahasiswa Keluhkan Pembekalan KKN Yang Kurang Maksimal

Suasana keberangkatan hari kedua KKN-81 di Halaman parkir Kampus B UIN RF Palembang pada Selasa, (06/02/23) Ukhuwahfoto/Nurhaliza.

UIN RF – Ukhuwahnews | Menjadi agenda rutin, Kuliah Kerja Nyata (KKN) kembali dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (UIN RF). Keberangkatan peserta diadakan menjadi tiga sesi yaitu, pada hari senin, selasa dan rabu.

Pernyataan ini disampaikan oleh sejumlah peserta KKN UIN RF, mereka mengeluhkan atas tidak efektifnya pembekalan dan penetapan waktu KKN yang kurang maksimal.

Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Alin Yanxi mengatakan pembekalan terhadap peserta KKN ke-81 ini berbeda dengan pembekalan sebelumnya.

“Tahun kemarin lebih terorganisir, sebab KKN sebelumnya seluruh peserta dikumpulkan secara bersamaan di gedung Academic Center (AC),” katanya saat diwawancarai pada Selasa (06/02/2024).

“Berbeda dengan kali ini, peserta hanya melakukan sosialisasi bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) secara berkelompok,” tambah Alin.

Selain itu, Alin juga mengungkapkan bahwa kelompoknya hanya diberikan arahan dengan waktu yang sangat singkat, yaitu tiga hari sebelum keberangkatan peserta.

“Posko masih belum sesuai, tidak nyaman, banyak yang belum siap karena survei hanya dilakukan sebentar,” ucapnya.

Ia juga menyatakan, terdapat DPL dari kelompok lain yang tidak memberikan arahan kepada Peserta KKN.

“Sosialisasi dan pembekalan dilakukan sesuai dengan arahan dosen, ada yang zoom atau tatap muka langsung, tapi ada beberapa yang tidak diberikan pembekalan oleh DPL nya,” tegas Alin

Di tempat yang sama, mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Imam Novriansyah. Ia pun setuju jika KKN yang dilakukan sebelum ini direncanakan dengan sangat baik dan terstruktur.

Menurutnya, KKN yang ke-81 ini masih banyak kurangnya dibandingkan dengan KKN sebelumnnya.

“Mungkin disebabkan informasi yang mendadak dan pemberangkatan yang belum rampung secara keseluruhan,” pungkasnya.

Reporter: Nabilla Kartika Wiranti (Anggota magang LPM Ukhuwah)
Editor: Rhessya Putri Wulandari Tri Maris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *