Mahasiswa FISIP Tutup UAS dengan Festival Komunikasi

Penampilan Festival Komunikasi dari kelas D di Gedung Rafa Tower UIN Raden Fatah pada Selasa (21/06/2022). Ukhuwahfoto/Adrian Sidik.

UIN RF – Ukhuwahnews | Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mengadakan Festival Komunikasi sebagai bentuk penilaian praktik dalam Ujian Akhir Semester (UAS). Kegiatan ini dilakukan di Auditorium Rafah Tower UIN Raden Fatah pada Selasa (21/06/2022).

Ketua Pelaksana, Sari Bayurini Samudra mengatakan, kegiatan ini sebagai penilaian akhir semester yang menjadi bukti praktik dari materi yang telah diberikan selama perkuliahan. Dalam hal ini, ujian yang diberikan kepada mahasiswa berbentuk sebuah projek.

“UAS itu tidak harus selalu berbentuk pertanyaan atau jawaban, tapi beberapa mata kuliah membuatnya menjadi praktik, seperti fotografi, produksi film, produksi radio, komunikasi pemasaran dan lainnya ujiannya adalah praktik. Jadi, hasilnya langsung bisa kita lihat, dengar dan rasakan,” ujarnya saat diwawancari.

Karena festival ini merupakan acara perdana yang diadakan, Sari mengatakan kegiatan tersebut akan dilakukan secara rutin setiap akhir semester.

“Rencananya akan diadakan rutin di setiap akhir semester genap. Jadi, nantinya hasil karya mahasiswa Ilkom bisa dilihat dan dinikmati juga oleh para dosen dan teman-temannya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, dosen Prodi Ilkom itu mengatakan, dengan kegiatan tersebut nantinya dapat meningkatkan kualitas dan menginspirasi para calon mahasiswa baru.

“Semoga dapat menginspirasi calon mahasiswa baru bahwa mahasiswa ilmu komunikasi UIN Raden Fatah bisa menghasilkan karya, baik bentuk fisik, digital atau berupa public speaking,” katanya.

Salah satu peserta mengenakan pakat adat Dayak pada acara Festival Komunikasi di Rafa Tower UIN Raden Fatah Palembang, Selasa (21/06/2022). Ukhuwahfoto/Adrian Sidik.

Di tempat yang sama, Mahasiswa Prodi Ilkom, Ryan Pratama mengatakan melalui festival komunikasi ini mahasiswa bisa meningkatkan kreativitas dan bakat yang dimiliki.

“Karena disinilah mahasiswa bisa menyalurkan atau mengasah bakat, melatih kreativitas dan menjadi wadah praktik dari materi-materi kuliah yang sudah diberikan selama satu semester. Dan juga bisa menjadi batu loncatan bagi mahasiswa untuk menjadi lebih kreatif dari sebelumnya,” tuturnya.

Baca Juga: Lewat Kuliah Dosen Tamu, Prodi Ilkom Ajak Bijak Bermedia Sosial

Ryan berharap, agar mahasiswa lebih bersemangat dalam menjalankan perkuliahan, karena nantinya akan ditutup dengan festival di setiap akhir semesternya.

“Dan setiap kelas dan angkatan pasti akan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Semoga festival komunikasi ini tetep berlanjut dan semakin meriah,” tutupnya.

Acara yang bertema “Kreatif, Inovatif dan Komunikatif” ini menampilkan karya mahasiswa yang berupa video, public speaking, tari, fashion show dan teater. Festival ini melibatkan beberapa dosen pengampuh mata kuliah dan mahasiswa angkatan 2019 sampai 2021 yang bekerjasama dalam pelaksanaannya. Dan, kegiatan ini ditutup acara pemberian hadiah bagi mahasiswa dengan penampilan atau karya terbaik.

Reprter: Dafid Amirul Mukminin
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *