Lewat Sosialisasi, Kelompok 50 KKN 76 UIN RF Sadarkan Masyarakat Manfaat Toga

Foto Kepala Desa Lubuk Karet bersama Mahasiswa Kelompok 50 KKN UIN Raden Fatah Palembang. Doc/IST

UIN RF – Ukhuwahnews | Sadarkan masyarakat Dusun III, Lubuk Karet akan pentingnya manfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga), mahasiswa Kelompok 50 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Ke-76 UIN Raden Fatah Palembang lewat sosialisasi budidaya Toga. Sabtu, (12/02/2022).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Kelompok 50 KKN Ke-76 UIN Raden Fatah Palembang, Litbak Rosuli mengatakan program pengembangan Toga ini dapat menjadi sarana untuk memenuhi kesehatan tubuh atau lingkungan sebagai bentuk upayah pencegahan penyakit.

“Bukan hanya sebagai penyedia obat tradisional, tanaman ini bisa menambah estetika pekarangan,” katanya saat diwawancarai.

Ia melanjutkan, faktor minimnya tanah sebagai media tanam toga serta pengetahuan masyarakat menjadi penyebab tanaman toga jarang ditemui di Dusun III.

“Di sini minim tempat untuk menanam toga dan juga masyarakat masih perlu bimbingan dalam penanaman tanaman ini,” lanjutnya.

Program ini sambut baik oleh Kepala Desa Lubuk Karet, Ali Azwan menjelaskan bahwa sebelumnya sudah ada rencana untuk membuat program penanaman toga di sekitar rumah warga.

“Dulu memang ada rencana dari desa mengenai program ini dan kebetulan ada mahasiswa KKN UIN Raden Fatah yang mengajukan program menanam toga di Dusun III Desa Lubuk Karet,” jelasnya.

Baca juga: Hasil Dialog Terbuka Permasalahan UKT UIN RF, Rektor Beri Waktu Validasi

Ali menambahkan pihak desa dan mahasiswa KKN UIN Raden Fatah berkerjasama untuk mencari lahan yang cocok sebagai tempat untuk menanam tanaman Toga.

“Kami telah mengupayakan sebidang tanah milik warga yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan tanaman Toga dan syukurnya telak tanah tersebut tidak jauh dari kantor desa,” tambahnya.

Salah satu warga Desa Lubuk Karet, Edah sangat senang dengan adanya program penanaman Toga ini, sebab masyarakat mendapat ilmu mengenai Toga.

“Berkat ada mahasiswa KKN ini msyarakat jadi mengenai tanaman Toga dan manfaatnya bagi kesehatan, saya harap semoga program ini dapat bermanfaat kedepannya,” tutupnya.

Penulis: Wahyuni Hairunni’am (Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang)
Editor: Siti Alicia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *