Lewat Seminar, FISIP UIN RF Bangun Hubungan Internasional Bersama KUIZM

Tangkapan layar Seminar Internasional FISIP UIN Raden Fatah bersama Kolej Universiti Islam Zulkifli Muhammad (KUIZM) Malaysia melaluiZoom Meeting. Senin, (28/03/2022).

UIN RF – Ukhuwahnews | Upaya membangun hubungan persaudaraan antar negara berdasarkan komunikasi politik Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Raden Fatah adakan Seminar Internasional bersama Kolej Universiti Islam Zulkifli Muhammad (KUIZM) Malaysia. Senin, (28/03/2022).

Ahli Lembaga Pengarah KUIZM Malaysia, Mohd. Zuhdi bin Marzuki mengatakan, kegiatan ini berkaitan dengan politik Islam yang dapat menumbuhkan semangat membina hubungan persaudaraan antara Indonesia dan Malaysia.

“Komunikasi dapat menghasilkan politik yang bisa menengahkan antar dua Negara di rumpun Politik Asia Tenggara. Politik yang benar menegakkan amar ma’ruf nahi munkar dengan mengajak kepada kebenaran,” katanya di ruang Zoom Meeting dalam Bahasa Malaysia.

Ia menjelaskan, bahasa dan komunikasi dapat memperjelas isu yang sedang terjadi diantara umat Islam.

“Maka dari itu, hal ini dapat mengutamakan kepentingan umat Islam secara damai dan berdiplomasi,” tambahnya.

Baca Juga: Lewat Kongres VII, Kaprodi BPI UIN RF Harap Kemajuan Prodi

Lebih lanjut, Kepala Program Studi (Studi) Ilmu Komunikasi, Reza Aprianti menyatakan efektivitas komunikasi sangat penting. Katanya, hal tersebut untuk menghindari kendala yang terjadi saat berkomunikasi.

“Karena komunikasi yang tidak efektif tentunya akan menimbulkan kendala. Baik dari proses komunikasi, penyampaian pesan, maupun kendala yang ada pada lawan kita saat berkomunikasi,” ujarnya.

Dalam proses komunikasi, lanjut Reza, bahasa dan cara berbicara menjadi acuan penting agar proses komunikasi bisa berjalan lancar.

“Dalam efektivitas komunikasi, pesan yang disampaikan harus rinci, jelas dan tepat. Juga, harus saling mendengarkan,” tuturnya.

Webinar ini diadakan online melalui Zoom Meeting yang dibuka langsung Rektor UIN Raden Fatah. Kegiatan ini mengangkat tema “Encouraging Ethical Political Communication Based on the Noble Values of the Malays”, yang bertujuan mempererat hubungan antara dua lembaga serta menambah pengetahuan Ilmu Komunikasi Politik berdasarkan nilai-nilai Melayu. Dihadiri 287 peserta berasal dari mahasiswa dan dosen FISIP UIN Raden Fatah juga KUIZM Malaysia.

Reporter: Dafid Amirul Mukminin, Agnes Dara Trisna
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *