Kuliah Praktik MD Ajak Mahasiswa Untuk Handal Daur Ulang Sampah

Penyerahan Pelakat kepada Direktur Utama Sampah Nasional Bahagia Mandiri, Sukron Nikmah (kiri) pada kegiatan Pelatihan Entrepreneurship Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah, di Ruang Laboratorium Fakultas Dakwah dan Komunikasi Lantai 4 UIN Raden Fatah Palembang. Selasa (26/10/2021). Ukhuwahfoto/Desi Sari

UIN RF – Ukhuwahnews | Mengusung tema “Pelatihan Enterpreneurship Mahasiswa” Program Studi (Prodi) Manajemen Dakwah (MD) adakan kuliah praktik bertempat di Ruang Laboratorium Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK). Selasa, (26/10/21).

Dalam sambutannya, Kepala Program Studi (Kaprodi) Manajemen Dakwah, Candra Darmawan mengatakan, bila hanya mengandalkan ilmu di perkuliahan tidak akan mendapat apapun.

“Bila hanya mengandalkan ilmu di perkuliahan, tidak akan mendapatkan apa-apa, harus ada keterampilan yang bisa diterapkan saat terjun ke masyarakat,” ujarnya.

Candra menambahkan, Entrepreneur sebagai bekal untuk kedepannya agar mendatangkan manfaat yang cukup besar.

“Dengan adanya pelatihan Entrepreneurship ini bisa membuka peluang bisnis dan lapangan pekerjaan yang menjadi kesempatan emas untuk menggali ilmu,” tambahnya.

Baca juga: Peringati Hari Kesehatan Dunia FDK Datangkan Dosen UNP

Sukron Nikmah selaku narasumber dalam pelatihan ini mengatakan, kewirausahaan itu bermacam-macam dan kali ini membahas mengenai sampah daur ulang karena hasilnya dapat dirasakan.

“Kewirausahaan itu bermacam-macam seperti kuliner dan biro jasa tetapi kita membahas masalah daur ulang karena terus terang saya rasakan hasilnya itu ada baik dalam jasa maupun materi,” katanya.

Ia menjelaskan, apabila sampah organik dan anorganik juga memiliki kelebihan yang dapat dimanfaatkan penggunaannya.

“Sampah organik bisa dijadikan pupuk cair dan padat. Kalau anorganik bisa dibuat menjadi bahan berguna seperti tas dan lainnya,” tambahnya.

Nikmah juga mengajak mahasiswa untuk handal dalam mengelola sampah daur ulang. Hal ini dikarenakan mahasiswa mempunyai pemikiran dan indikasi yang bagus.

Terakhir, ia berharap, setelah mahasiswa lulus bisa mendapatkan pekerjaan dan mempunyai skill.

“Kalau bisa sudah tamat tidak menganggur dan mempunyai skill karena kemampuan itu bisa dikembangkan dan juga mampu bersaing diluar,” tutupnya.

Reporter: Desi Sari, Ega
Editor: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *