KPI Gelar Webinar, Bahas Strategi Jadi Public Speaker yang Baik

Dr.H.Saefudin Latief, S.Ag,M.Si selaku pemateri, membahas materi dalam webinar yang bertema “Strategi Sukses Menjadi Public speaker yang Handal dan Percaya Diri” secara daring melalui Zoom. Senin,(04/10/21).

UIN RF – Ukhuwahnews | Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) menyelenggarakan webinar seri satu dengan mengangkat tema “Strategi Sukses Menjadi Public speaker yang Handal dan Percaya Diri”. Senin,(04/10/21).

Webinar yang disiarkan secara virtual melalui aplikasi Zoom ini dibuka oleh Wakil Rektor I Dr. Muhammad Adil, M.A. Dihadiri oleh Dekan Fakultas Dakwah Dr. Achmad Syarifuddin, MA serta Kepala Prodi KPI Noviza, S.pd, M,pd, dan Kasubag Humas Kanwil Kemenag Sumsel Dr. H. Saefudin Latief. S,Ag, M.Si sebagai pemateri.

Muhammad Adil mengungkapkan bahwa webinar ini sangat bermanfaat, terutama bagi mahasiswa baru dan semester tiga agar kedepannya dapat mencetak generasi yang pandai bercakap dengan wawasan yang luas.

“Webinar kali ini jangan dianggap hal yang enteng, melihat temanya saja pasti akan memberikan output (dampak) yang luar biasa. Mudah-mudahan di hari ini dan sesi selanjutnya, sebanyak dua puluh sesi akan berjalan dengan semestinya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan tidak ada orang yang langsung menjadi hebat, kuncinya berlatih dan terbiasa maka itu semua sudah mencakup untuk menjadi public speaker yang sukses.

“Demam panggung sudah pasti. Namun, jika konten dan materi sudah dikuasai dengan baik,maka interaksi pasti akan terjadi. Saya harap mahasiswa dapat menyerap ilmu ini dengan sebaik-baiknya agar kedepannya mahasiswa mempunyai kualitas dengan kompeten sesuai dengan bidangnya,” tutupnya sambil membuka webinar.

Demikian pula Achmad Syarifuddin menambahkan, semoga apa yang disampaikan pemateri bisa dipahami dan dijalankan dengan sebaik baiknya.

“Mudah-mudahan ilmu dan motivasi yang diberikan bisa bermanfaat bagi seluruh mahasiswa terutama mahasiswa KPI sebagai pelatihan media event,” ujarnya.

Dalam materinya, Saefudin mengatakan bahwa jika ingin menjadi public speaker yang sukses dimulailah dari hal kecil karena itu akan membuat kita terlatih dan biasa.

”Menjadi public speaker itu harus mempunyai kepercayaan diri yang baik. Kepercayaan diri dimulai jika sering berlatih. Contoh kecil seperti di kelas menjadi moderator atau mc, serta banyak latihan berbicara di depan umum dengan observasi lapangan, maka akan terbiasa dan bisa,” ujarnya.

Dosen KPI ini juga mengajarkan untuk menjadi public speaker yang handal dimulai dengan pemikiran yang luas, tata krama yang baik serta penampilan.

“Jika tidak memiliki wawasan yang luas maka itulah yang menimbulkan ketidakpercayaan dalam diri. Namun, ketika mempunyai  wawasan luas pastinya akan memback up semuanya. Serta perhatikan penampilan karena kita mempunyai tanggung jawab untuk mencitra lembaga yang kita ikuti,” jelasnya.

Terakhir, Saefudin menuturkan, untuk menghilangkan keraguan menjadi public speaker cukup pegang ketiga prinsip tadi. Tak perlu takut untuk menjadi public speaker karena banyak pengalaman yang tak terduga dan juga menyenangkan.

“Banyak tantangan setelah saya bekerja menjadi public speaker. Saya bisa jalan jalan keseluruh Indonesia bahkan luar negeri tanpa memikirkan biaya, lalu mengkaji media wartawan semua instansi. Memiliki banyak relasi serta mampu mengelola informasi dengan baik dan tanggap,” tutupnya.

Reporter: Odelia Winneke Putri
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *