KEMENDIKBUD Kembali Umumkan Bantuan Kuota Gratis

IST

Ukhuwahnews | Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim menyampaikan akan mengaktifkan kembali bantuan kuota gratis untuk pelajar Indonesia.

Nadiem mengatakan bahwa jumlah kuota Gyga yang diberikan lebih kecil. Namun, bisa mengakses seluruh laman tidak cuma aplikasi belajar online saja.     

“Kita akan memberikan kuota gratis tapi dengan jumlah Gyga yang lebih kecil dari kuota sebelumnya. Tetapi kuota ini merupakan kuota umum yang artinya pengguna bisa mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali aplikasi-aplikasi yang tidak ada hubungannya dengan dunia pendidikan. Termasuk game online, Instagram, Facebook, hingga Tik-Tok,” ujarnya via Live Streaming akun You Tube Kemendikbud RI pada Senin, (01/03/21).

Penyaluran kuota gratis ini akan diberikan pada tanggal 11-15 setiap bulan dengan masa aktif 30 hari sejak kuota diterima. Ia juga mengatakan agar tenaga satuan pendidikan mampu bekerja sama untuk mengumpulkan data peserta didik.

“Peserta didik yang pernah menerima bantuan kuota akan kembali mendapatkan pada Maret 2021 ini.  Namun jika ada perubahan nomor maka kuota data baru tersalurkan pada bulan April 2021,” ujarnya.

IST

Nadiem berharap agar bantuan kuota data gratis ini mampu mengurangi beban perekonomian orang tua. Tidak hanya bantuan kuota, Kemendikbud pun tetap menyalurkan Dana BOS yang pembelanjaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah.

“Jika memang membutuhkan tambahan kuota kami tetap menyalurkan dana Bos ke sekolah di seluruh Indonesia untuk kegiatan operasional sekolah dan preparasi tatap muka seperti penyemprotan disinfektan dan sebagainya,”  tutupnya.

Reporter : Shalsabilla Rinira Putri, Elyssa Meilyana
Editor : Bunga Yunielda

4 tanggapan untuk “KEMENDIKBUD Kembali Umumkan Bantuan Kuota Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *