Jelang PPM, Prodi Ilkom Adakan Pembekalan

Pembekalan PPM Prodi Ilmu Komunikasi UIN RF di lantai 3 Gedung Rafah Tower pada Kamis (23/06/2022). Ukhuwahfoto/Agnes Dara Trisna.

UIN RF – Ukhuwahnews | Menjelang Praktek Profesi Mahasiswa (PPM) yang diadakan pada akhir Juni mendatang, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mengadakan pembekalan sebelum mahasiswa terjun ke lapangan. Kegiatan ini dilakukan di lantai 3 Gedung Rafah Tower UIN Raden Fatah pada Kamis (23/06/2022).

Kepala Prodi (Kaprodi) FISIP, Reza Aprianti mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arahan kepada mahasiswa yang nantinya akan melakukan PPM di instansi yang sudah ditentukan. Kegiatan ini dibagi menjadi dua, yaitu PPM yang terintegrasi dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri dan yang tidak terintegrasi.

“Saya sangat mengapresiasi mahasiswa yang mengambil PPM ini, karena akan mendapatkan tantangan lebih besar dari instansi yang telah mereka pilih. Dan saya juga menghargai untuk mahasiswa yang telah memilih PPM yang terintegrasi dengan KKN,” ujarnya.

Kegiatan PPM ini akan dilaksanakan selama 45 hari terhitung dari 27 Juni sampai 18 Agustus 2022 mendatang. Peserta yang akan mengikuti kegiatan ini berjumlah 87 orang yang akan dilepaskan ke 29 lembaga dan instansi di Sumatera Selatan.

Baca Juga: FITK UIN RF Luluskan 544 pada Yudisium ke-81

Senada dengan itu, Wakil Dekan (WD) 1, Yenrizal mengatakan tujuan dari kegiatan ini juga untuk menanamkan kepada mahasiswa yang khususnya memiliki potensi, tidak hanya sebagai pesuruh di instansi yang bersangkutan.

“Tujuannya disini untuk merubah image bahwa mahasiswa magang adalah bukan sekedar pembuat kopi, teh atau pesuruh saja,” katanya.

Lebih lanjut, Yenrizal berharap mahasiswa bisa menunjukkan potensi dan kemampuan yang dimiliki saat melaksanakan PPM di lembaga yang dituju.

“Ketika kamu praktik di lapangan, yang harus dilakukan ialah menunjukkan potensi diri masing-masing,” tegasnya.

Terakhir, Mahasiswa Ilkom, Fikri  Haikal mengatakan kegiatan ini dapat memberikan arahan dan alur yang akan dilakukan mahasiswa dalam pelaksanaan PPM nantinya.

“Pembekalan ini cukup memenuhi pertanyaan kami mengenai hal-hal yang perlu kami persiapkan. Selain itu, juga membantu kami menentukan target saat pelaksanaan PPM,” pungkasnya.

Reporter: Imelda Melanie Agustin, Agnes Dara Trisna
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *