Read Time:1 Minute, 53 Second
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Selatan, Kurniawan sedang memberikan sambutan pada kegiatan Bawaslu Ngampus di Auditorium perpustakaan kampus B Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Rabu (14/08/2024). Ukhuwahfoto/ Marshanda

UIN RF – Ukhuwahnews | Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia bersama Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan Goes to Kampus di Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Rabu (14/08/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan politik Bawaslu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dan mengawasi pelaksanaan pemilu khususnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Minggu (17/11/2024) Sumsel.

Agenda Goes to Kampus atau Bawaslu Ngampus merupakan program strategis yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pengawasan pada generasi muda terutama mahasiswa dalam menyukseskan pilkada.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel, Kurniawan menyampaikan bahwa Bawaslu Ngampus hadir di seluruh kampus Indonesia untuk meningkatkan partisipasi di pemilu pilkada tahun 2024 terutama bagi generasi sekarang.

“Bawaslu memberikan program strategis untuk meningkatkan partisipasi pengawasan khusus pada generasi muda mahasiswa yang ada di provinsi Sumsel,” kata Kurniawan

Ia berharap dari kegiatan Bawaslu dapat terus berjalan sukses kedepannya dan banyak melibatkan generasi muda meski ada keterbatasan dan kekurangan Bawaslu akan melibatkan banyak pihak untuk melakukan pengawasan pilkada khususnya di tahun 2024 ini.

“Mudah-mudahan acara ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa bermanfaat bagi kita semua, bangsa dan negara, ataupun di provinsi Sumsel. Dengan banyak dukungan, pengawasan partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat, mahasiswa generasi muda sehingga kerja-kerja Bawaslu bisa terbantu,” tuturnya.

Baca juga: Dibalik Sang Merah Putih Indonesia

Wakil Rektor III UIN RF, Hamidah mengatakan mahasiswa adalah sasaran tepat Bawaslu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat baik menjadi subjek maupun objek dalam pemilihan umum pilkada ditahun 2024.

“Mahasiswa sebagai objek tentunya dapat memilih di pilkada begitupun sebagai subjek yang dapat mengajak masyarakat untuk menentukan siapa yang akan di pilih pada pilkada nanti,” ucapnya.

Ia melanjutkan transformasi generasi dalam pemilu mengalami peningkatan yang besar terutama pada generasi Z dan milenial yang bisa membawa perubahan kedepan pada pemilu.

“Peningkatan generasi dari tahun ke tahun dapat menjadi peran penting di pilkada yang akan datang dalam menentukan pemimpin yang baik kedepannya,” pungkasnya.

UIN RF merupakan salah satunya menjadi kampus yang didatangi Bawaslu. Nantinya, Bawaslu Ngampus akan hadir juga di seluruh kampus Indonesia.

Reporter: Marshanda
Editor: Putri Ayu Lestari

About Post Author

Putri Ayu Lestari

Mahasiswa Program Studi Jurnalistik tahun 2021 UIN Raden Fatah Palembang
Happy
Happy
50 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
50 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Dibalik Sang Merah Putih Indonesia
Next post DEMA-U Akan Adakan Paper Moob, Maba Keluhkan Informasi Mendadak