Inagurasi PBAK, 8 UKMK “Unjuk Gigi” di Depan Maba

Tangkapan layar penampilan UKMK LDK Refah saat Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) hari ke-2, Kamis (18/08/2022).

UIN RF – Ukhuwahnews | Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) hari ke-2 menampilkan inagurasi dari seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa Kampus (UKMK) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang di gedung Academic Center (AC) pada Kamis (18/08/2022).

Sebanyak 8 dari 21 UKMK yang ada di Kampus Biru turut unjuk penampilan pada hari ini dan disaksikan langsung oleh 6000 mahasiswa baru (maba).

Ketua Pelaksana PBAK, Akhmad Saiful Huda mengatakan bahwa kegiatan inagurasi tahun ini dilakukan selama 2 hari dan dilakukan secara luring.

“Banyaknya antusias para rekan UKMK untuk menarik maba agar daftar ke organisasinya dan juga keterbatasan waktu (terlalu sore), sehingga tidak cukup jika dilaksanakan 1 hari. Maka inagurasi ini dilakukan selama 2 hari,” ujarnya.

Dalam kurun waktu 2 hari tersebut, setiap UKMK diberi waktu selama 15 menit untuk maju dan menyampaikan orasinya.

Akhmad juga menambahkan bahwa acara ini bisa membuat maba untuk lebih tertarik dalam mengikuti UKMK yang sesuai dengan minatnya.

“Setiap UKMK saya harap dapat menampilkan hal yang terbaik agar maba bisa memilih UKMK yang diminatinya tanpa ada paksaan,” tutupnya.

Baca Juga: Peringati HUT RI Ke-77, UIN RF Gelar Upacara Kemerdekaan

Sekretaris Umum Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Refah, Edo Romadhon mengungkapkan bahwa inagurasi tahun ini sangat berbeda dibanding saat pandemi lalu. Menurutnya, banyaknya jumlah mahasiswa mendorong semangat para anggota UKMK.

“Tahun lalu hanya ada sedikit maba yang datang ke kampus sehingga UKMK tidak terlalu bersemangat, berbeda dengan sekarang yang sangat meriah,” ucapnya.

Pada kesempatan tahun ini, LDK Refah berada pada urutan kelima untuk tampil di depan maba. Biasanya, seluruh UKMK mengundi terlebih dahulu untuk menentukan urutan tampil.

Edo berpesan untuk para mahasiswa baru agar ikut UKMK sesuai dengan minatnya dan diiringi dengan niat yang baik.

“Silahkan berpetualang di Kampus UIN RF (gabung UKMK), jika itu baik maka lakukanlah, kalau itu buruk jauhi dan tinggalkan,” tutupnya.

Mahasiswa baru Program Studi Psikologi Islam, Risma Silviani berkata, banyak manfaat yang bisa ia dapat dari inagurasi ini, salah satunya bisa mengenal beragam UKMK yang ada di kampusnya.

Ia juga mengungkapkan, adanya inagurasi ini bisa menjalin relasi antara teman-teman yang ikut organisasi.

“Saya bisa mengenal lebih jauh lagi UIN RF mulai dari organisasi-organisasi yang ada, mendapat wawasan baru, juga bisa menambah teman-teman dari prodi atau organisasi lainnya,” terangnya.

Sebanyak 3.000 orang maba hadir dalam gedung AC, sedangkan 3.000 maba lainnya menyaksikan melalui siaran langsung di kanal Youtube.

Reporter: Marcellia Agustin, Ega Dyah
Editor: Wisnu Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *