Read Time:1 Minute, 50 Second

UIN RF – Palembang | Civitas Akademika Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang menyelenggarakan kegiatan Expo Kemandirian Pesantren 2024 dalam rangka memperingati hari Santri di Halaman Perpustakaan Kampus B UIN RF, Selasa (22/10/2024).

Dengan mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” yang berlangsung selama empat hari mulai dari Selasa (22/10/2024) sampai Jumat (25/10/2024), dengan tujuan membantu pesantren di lingkup Sumatera Selatan (Sumsel) agar bisa lebih mandiri secara finansial melalui pengembangan di bidang wirausaha.

Rektor UIN RF, Nyayu Khodijah menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu membantu program bantuan dari Kementerian Agama (Kemenag) supaya pesantren dapat lebih mandiri secara finansial.

“Kemenag telah menjalankan program kemandirian pesantren selama tiga tahun, dengan memberikan anggaran kepada pesantren agar membuat wirausaha yang dapat memenuhi kebutuhannya,” ujarnya saat kata sambutan.

Nyayu mengatakan kegiatan Expo Kemandirian Pesantren 2024 kali ini di isi oleh dua acara tambahan, salah satunya “Coaching Clinic Entrepreneurship”.

“Selain itu pada kegiatan kali ini, kami menambahkan kegiatan yaitu Coaching Clinic Entrepreneurship yang membantu pesantren mengelola keuangan yang diperolehnya,” katanya.

Rektor UIN RF itu berharap melalui kegiatan Coaching Clinic Entrepreneurship dapat membantu pesantren dalam mengembangkan Wirausaha miliknya.

Baca juga: Ikut Memeriahkan EXPO, UKMK Pramuka Tampilkan Drama Perjuangan Rakyat Palestina

“Narasumber dari kegiatan ini adalah para dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dii harapkan dapat mendampingi pihak pesantren dalam mengembangkan kewirausahaannya,” harapnya.

Koordinator Acara Expo Kemandirian Pesantren 2024 ini, Anita Trisiah menjelaskan alasan diangkatnya tema kegiatan tersebut.

“Tema ini diangkat langsung oleh Kemenag dengan harapan para santri yang merupakan “agen of change” dapat membawa perubahan serta bisa merangkul kesatuan negara Indonesia,” jelasnya saat diwawancarai.

Anita juga menuturkan di adakannya kegiatan ini dapat menjadi momen bagi para santri dalam mengembangkan jiwa entrepreneurship.

“Semoga atas terlaksananya kegiatan ini, dapat menjadi kesempatan bagi para santri untuk mempelajari mengenai kewirausahaan. Terlebih lagi salah satu rangkaian kegiatan ini yaitu Coaching Clinic Entrepreneurship yang berkolaborasi langsung bersama pihak akademisi UIN RF,” tuturnya.

Kegiatan kali ini turut dihadiri oleh PJ Gubernur Sumsel, Rektor UIN RF, Jajaran Civitas Akademika, 20 Pesantren Se-Sumsel serta dimeriahkan penampilan para santri dan sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) UIN RF.

Reporter: Ahmad Hafiizh Kudrawi
Editor: Putri Ayu Lestari

About Post Author

Putri Ayu Lestari

Mahasiswa Program Studi Jurnalistik tahun 2021 UIN Raden Fatah Palembang
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Ikut Memeriahkan EXPO, UKMK Pramuka Tampilkan Drama Perjuangan Rakyat Palestina
Next post Menuju Pilkada Serentak, KPU Palembang Gelar Debat Publik Calon Walikota dan Wakil Walikota 2024