Guna Tingkatkan Kualitas Lulusan, UIN RF Resmikan Program BTA

UIN RF – Ukhwahnews|Bersama Wakil Rektor I Muhammad Adil, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Achmad Syarifuddin resmi  meluncurkan program baca tulis Al-Qur’an (BTA) untuk mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Kegiatan yang bertempat di Ruang Seminar FDK ini dilaksanakan pada Kamis, (02/09) 10:30 pagi tadi.

Achmad Syarifuddin mengungkapkan bahwa program BTA ini tersedia untuk 1000 mahasiswa di lima program studi FDK. Mahasiswa dapat mendaftar melalui http://dakkom.radenfatah.ac.id/

“FDK membuka program BTA untuk semua prodinya yaitu, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jurnalistik, Bimbingan penyuluhan Islam, Pengembangan masyarakat islam, dan Manajemen Dakwah,” ujarnya.

Achmad mengatakan, mahasiswa harus mengikuti tiga tahap penyeleksian baru dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat.

“Pertama BTA akan diluncurkan oleh wakil rektor I, selanjutnya Placement Test yaitu pengkategorian bacaan kepada mahasiswa seperti biasa, sedang atau lancar. Namun, ketika mahasiswa telah mendaftar lalu tidak hadir dalam Placement Test akan dianggap tidak lulus walaupun mahasiswa tersebut ahli dalam membaca Alquran,” ujarnya.

Achmad juga mengatakan, jika mahasiswa dinyatakan belum lulus maka bisa mengikuti pembinaan dibawah tim divisi keagamaan UIN Raden Fatah.

“Sekiranya mahasiswa belum lulus, mahasiswa tersebut akan langsung dibimbing oleh divisi keagamaan UIN Raden Fatah. Maka dari itu sebaiknya mulai dari sekarang mahasiswa 2020 dan 2021 belajar BTA dari sekarang,” pungkasnya sambil tersenyum

Dengan adanya program BTA ini Achmad berharap, UIN Raden Fatah dapat meningkatkan kualitas alumni yang beragama dan berdedikasi pengetahuan.

Muhammad Adil juga berharap, mahasiswa bukan hanya mendapatkan sertifikat melainkan ketika sudah sarjana dapat mengajarkannya lagi kepada tingkatan muda.

“Ketika mahasiswa lulus bisa membantu atau menjadi asisten pengajar karena orang paling baik adalah orang yang mempelajari Alquran kemudian dia mengajarkan,” tutupnya sambil membuka launching BTA.

Reporter: Odelia Wineke
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *