FITK UIN RF Gelar Olimpiade Sains Se-Sumbagsel

Peserta Olimpiade Sains se-Sumbagsel di Auditorium kampus B UIN Raden Fatah Jakabaring Palembang. Kamis, (21/10/21). Ukhuwahfoto/Wilda Halimatunis

UIN RF – Ukhuwahnews | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menyelenggarakan Olimpiade Sains Mahasiswa 2021 se-Sumatera bagian Selatan (Sumbagsel) di Auditorium kampus B Jakabaring UIN Raden Fatah (UIN RF) Palembang. Kamis, (21/10/21).

Olimpiade ini melibatkan kampus ternama dari penjuru Sumbagsel. Dekan FITK, Prof. Dr Abdullah, M.Ed. dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para peserta dan panitia yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengasah soft skill karena itulah yang sangat dibutuhkan untuk saat ini,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Olimpiade Sains Mahasiswa 2021, Dr. Hartatiana M.Pd mengatakan Olimpiade ini merupakan yang pertama diadakan oleh FITK. Dengan diikuti oleh 84 peserta yang merupakan mahasiswa aktif semester satu dan tiga Program Studi (Prodi) Pendidikan Sains.

“Olimpiade ini diikuti oleh mahasiswa dari  berbagai kampus antara lain UIN Raden Fatah Palembang, Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Lubuk Linggau, STKIP Al-Hikmah Surabaya, dan Universitas PGRI Palembang,” ujarnya.

Ia menambahkan tujuan diadakannya olimpiade ini sebagai wujud eksistensi dari berbagai Prodi Pendidikan Sains yang ada di FITK UIN Raden Fatah Palembang.

“Selain sebagai kegiatan untuk mewujudkan eksistensi berbagai Prodi Pendidikan Sains di UIN RF. Olimpiade ini juga merupakan sebuah wadah untuk menumbuhkembangkan nuansa kompetitif dan menjaring kompetensi yang berprestasi di kalangan mahasiswa,” tambahnya.

Terlihat beberapa peserta sedang mengerjakan soal Olimpiade Sains. Kamis, (21/10/21)/. Ukhuwahfoto/Wilda Halimatunisa

Olimpiade Sains Mahasiswa 2021 diselenggarakan selama satu hari dengan pengumuman juara secara langsung dalam satu hari. Yang diujikan dalam olimpiade ini antara lain empat mata pelajaran sains yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Senada dengan itu, Mahasiswa Pendidikan Biologi semester tiga STKIP PGRI Lubuk Linggau, Gusti Aldo Wijaya selaku peserta olimpiade mengatakan sangat senang bisa berkompetisi di UIN RF Palembang.

“Olimpiade ini sebagai sarana untuk mengasah kompetensi lebih luas karena di masa pandemi ini proses pembelajaran terasa kurang aktif kalau tidak ada evaluasi seperti olimpiade ini, ” tuturnya.

Terakhir, ia menyampaikan harapannya untuk dapat menjuarai olimpiade sains mahasiswa di tahun ini.

“Semoga FITK dapat mengadakan lagi Olimpiade ini di tahun depan agar tetap terjalin silaturahmi antara STKIP PGRI Lubuk Linggau dengan UIN RF sendiri,” pungkasnya.

Reporter: Wilda Halimatunisa, Wiardini
Editor: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *