UIN RF Jadi Tuan Rumah Perdana Sidang Pleno XIX AFEBI

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin sedang menyampaikan kata sambutan dalam Sidang Pleno XIX Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) di Hotel Wyndham Palembang pada Rabu (07/09/2022). Ukhuwahfoto/Bunga Yunielda.

UIN RF – Ukhuwahnews | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Fatah (UIN RF) Palembang menjadi tuan rumah pertama dalam Sidang Pleno XIX Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI). Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Wyndham dan dihadiri oleh 195 peserta yang berasal dari 78 perguruan tinggi se-Indonesia, Rabu (07/09/2022).

Rektor UIN RF Palembang, Nyayu Khodijah mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi dengan perguruan tinggi se-Indonesia.

“Selain itu, juga sebagai media sharing pengetahuan dan melakukan kerja sama antara perguruan tinggi untuk mewujudkan Kampus Merdeka – Merdeka Belajar,” ujarnya.

Nyayu menuturkan, sebuah kehormatan bagi UIN RF Palembang dapat dipercaya untuk menjadi tuan rumah perdana kegiatan ini.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi kesan tersendiri terhadap wilayah yang dikenal sebagai zero conflict masyarakat yang terbuka dengan nilai toleransi,” imbuhnya.

Ketua Dewan Pengurus Nasional AFEBI, Suharmono mengatakan AFEBI adalah organisasi FEBI se-Indonesia yang beranggotakan Fakultas Ekonomi dari Universitas Sabang sampai Merauke.

“AFEBI dibentuk 10 tahun yang lalu. Saat ini AFEBI menjadi jejaring dan tempat menjalin kerja sama antar Fakultas Ekonomi khususnya dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia pada bidang ekonomi dan bisnis,” jelasnya.

Baca Juga: Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa UIN RF Lakukan Aksi

Lebih lanjut, Dekan FEB Universitas Diponegoro (UNDIP) ini mengapresiasi UIN Raden Fatah yang menjadi tuan rumah pertama kegiatan ini. Kata Suharmono, ia terkesan dengan keramahan Rektor UIN RF dan panitia yang terlibat dalam acara tersebut.

“Hadirnya kami dari seluruh pelosok nusantara menandakan adanya kemajuan pembangunan di Sumatera Selatan (Sumsel). Mulai dari bandara kemarin, kami sangat menikmati kemajuan yang luar biasa dari Sumsel,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin yang menjadi keynote speaker dalam sidang kali ini menjelaskan saat ini kondisi ekonomi Indonesia mengalami perkembangan.

“Saat ini kita patut bersyukur berkat pencapaian di tengah berbagai ragam persoalan termasuk perkembangan ekonomi, yang menunjukkan tren positif, inflasi relatif terkendali dan surplus neraca perdagangan,” katanya.

Terakhir, Mar’ruf amin berpesan kepada seluruh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk merumuskan teori dan konsep ekonomi yang sesuai konstitusi sehingga tujuan bernegara, yakni “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” bisa menjelma diseluruh Indonesia.

Sidang ini dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Gubernur Sumsel Herman Deru, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumsel, R.A Anita Noeringhati, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen Agus Suhardi, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto, Forkopimda Sumsel, Bupati Banyuasin Askolani serta Pimpinan Perbankan Bank Sumsel Babel dan Perwakilan dari Bank Indonesia.

Reporter: Bunga Yunielda
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *