Diskusi Online Tentang Skripsi, Ketua LP2M UIN RF : Skripsi Bukan Hal Sulit dan Jadi Beban

Suasana Diskusi Online Tentang Skripsi dari LP2M. Kamis (20/8/20)

UIN RF – Ukhuwanews | Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) UIN Raden Fatah Paembang, Syefriyeni M.Ag mengatakan, membuat skripsi bukanlah hal sulit dan perlu dijadikan beban.

“Membuat skripsi itu sangat mudah. Kalian (mahasiswa:red) jangan terlalu menjadikan beban ataupun momok tugas akhir ini,” ujarnya saat menjadi pemateri diskusi online yang diadakan Studi Mahasiswa Riset dan Teknologi (SMART), Kamis (20/8/2020).

Untuk bisa membuat skrips menjadi mudah, Syefriyeni menjelaskan kalau diperlukannya riset terlebih dahulu ketika akan memulai skripsi. “Dalam pembuatan skripsi yang harus kita lakukan adalah menentukan risetnya terlebih dahulu,” katanya.

Dirinya juga menambahkan, riset tersebut bisa dilakukan di lingkungan sekitar dengan fokus mencari objek riset. Menurutnya, objek merupakan perilaku manusia itu sendiri yang nantinya memunculkan beberapa pertanyaan.

“Dan pertanyaan yang muncul itu hanya dijawab oleh diri kita sendiri. Contohnya beberapa orang ataupun teman sendiri bisa dijadikan objek riset yang sesuai dengan program studi (prodi) yang diambil,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan kegiatan Diskusi Riset SMART (DIRESTART), Direktur Utama SMART, Ilham Basrian JP mengatakan tujuan dari diskusi tersebut untuk memperkenalkan dunia skripsi kepada mahasiswa yang akan mengerjakan tugas akhir sehingga mempermudah dalam penyelesainnya.

Ilham juga berharap kepada peserta yang telah hadir untuk lebih siap menghadapi tugas akhir skripsi.

“Semoga peserta yang hadir dapat memahami dan mengenal tentang dunia skripsi sehingga lebih siap untuk menghadapi skripsi secara baik,”ujarnya saat diwawancarai melalui pesan singkat.

Senada dengan hal itu, mahasiswa semester tujuh prodi Jurnalistik, Niken mengatakan, materi yang disampaikan memberikan inspirasi dan membantu dalam mengerjakan skripsi.

“Saya juga menanyakan bagaimana cara menentukan rumusan masalah dan yang saya dapatkan dari jawaban pemateri untuk mengetahui dahulu letak permasalahannya lalu menentukan judul dan memperbanyak referensi serta banyak membaca buku,” sampainya.

Lanjutnya, ia juga berharap untuk seluruh peserta yang hadir dapat menerapkan materi-materi yang telah disampaikan dan memperlancar kegiatan dalam aktifitas perkuliahan.

Reporter : Reza, Superwati
Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *