Bukan Pelantikan Biasa, Ketum IMM UIN RF: Gaet Oraganisasi Internal dan Eksternal

Prosesi pelantikan pengurus IMM UIN Raden Fatah yang dipandu oleh Ketua umum DPD IMM sumatera selatan Robiyatul Maulana. Sabtu, (19/03/2022). Ukhuwahfoto/Reza Arya Pramudya.

UIN RF-Ukhuwahnews | Bentuk kerjasama antara organisasi internal dan eksternal kampus untuk mencerahkan peradaban, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang selenggarakan Pelantikan dan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) periode 2021-2022 pada Sabtu (19/3/2022) di  Auditorium Rafah Tower UIN Raden Fatah.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Muhammad Rizki Kurniawan, pemilihan tema  “Kolaborasi Menyatukan, Mencerahkan Peradaban” diharapkan kegiatan ini dapat menyatukan antara organisasi intra dan ekstra kampus dengan visi yang sama yaitu memajukan dan mencerahkan peradaban.

“Melihat kondisi dunia yang sudah terbiasa dengan bentrok ideologi, untuk itu yang dibutuhkan saat ini adalah kolaborasi untuk membangun, memajukan dan mencerahkan peradaban. Kolaborasi itu dapat dilakukan dengan adanya kerjasama antara organisasi intra dan ekstra kampus,” katanya saat memberikan sambutan.

Senada dengan itu, Ketua Pelaksana Wajidi menyampaikan tujuan dari tema yang diusung pada kegiatan hari ini merupakan langkah awal mengkolaborasikan kegiatan antara organisasi internal dan eksternal yang ada di UIN Raden Fatah Palembang.

Baca juga: Anggota PFI Kenalkan Foto Documentary dalam Seminar HMPS Jurnalistik UIN RF

“Walaupun IIM merupakan organisasi ekternal kampus, tetapi bisa dikatakan organisasi ini berada di UIN. Maka dari itu, kami ingin mengajak organisasi yang ada baik didalam maupun diluar UIN untuk mencerahkan peradaban, dan menguatkan SDM dan literasi,”ujar mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora itu.

Tidak hanya sekedar pelantikan dan Rakerpim. Namun, dalam kegiatan ini akan ada seminar nasional kebangsaan yang diisi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Selatan.

“Pelantikan hari ini bukan pelantikan biasa, tetapi pelantikan ini juga di iiringi dengan Rakerpim yang mana  ketua bidang akan mengusulkan program-program kegiatan untuk satu tahun kedepan dan dilanjutkan dengan seminar nasional kebangsaan,” sambung wajidi.

Terakhir, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang yang diwakili Dr. Mawangir, M. Ag. mengungkapkan bahwa pelantikan IMM perlu memiliki nama, untuk menjadi kekuatan yang mampu menghadirkan calon-calon intelektual sekaligus akademisi berkualitas.

“Kalian harus siap berada digaris depan untuk menggerakkan roda selanjutnya yang sesuai dengan Amal Maruf Nahi Munkar serta membawa kaum pemuda milenial yang berislam dengan sebenar-benarnya baik itu akidah, ibadah maupun muamalaah IMM,” ujarnya.

Mawangir juga melanjutkan, sebagai mujahid dan Mujtahid pembaruan bagi IMM sesuai dengan Alquran dan as-sunah, karena itu diharapakan IMM sebagai pelopor dalam menjadikan mahasiswa sebagai konstitusi yang dapat bersaing membawa kemajuan IPTEK dikemudian hari.

“Diharapkan IMM bisa berkolaborasi baik dengan organisasi ekstra UIN Raden Fatah untuk membawa pembaharuan bagi umat islam, bangsa dan negara,” pungkasnya.

Dalam pelantikan ini terdapat 26 pengurus yang terbagi 11 Bidang serta dibantu tiga komisariat antaranya Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguraun dan Fakultas Adab dan Humaniora. Serta turut dihadiri oleh Cipayung Plus UIN Raden Fatah (HMI, KAMMI, IMM, PMII) Presiden Mahasiswa, Demau, Senau dan Dewan Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Dewan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan Demaf.

Reporter: Reza Arya
Editor: Siti Alicia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *