Buka Sosialisasi dan Pembekalan KKN 74, Rektor UIN RF : Mahasiswa Harus Jadi Duta Prokes

doc Ukhuwah

UIN RF – Ukhuwahnews | Melalui pembukaan Sosialisasi dan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-74 dengan tema “Pengembangan Potensi Berbasis Riset dan Kearifan Lokal”, Rektor UIN Raden Fatah (UIN RF) Prof. Dr. Nyayu Khodijah S.Ag.,M.Si mengatakan mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN harus menjadi Duta Protokol Kesehatan (PROKES) di desa tempat mahasiswa mengabdi. Selasa, (23/2/21).

Diikutui oleh 2000 peserta dengan 160 kelompok per-desa, tentunya menjadi kewaspadaan tersendiri oleh Rektor UIN RF ini, pasalnya hanya UIN RF yang berani mengadakan kembali KKN secara offline.

“KKN 74 ini diadakan secara offline karena KKN sebelumnya tidak efektif. Namun, KKN offline ini juga menjadi tantangan bagi kita untuk mengeratkan komunikasi dan tetap memperhatikan peserta KKN yang ikut, mulai dari kesiapan diri sampai dengan menerapkan protokol kesehatan saat di lokasi,” katanya via Zoom Meeting.

Nyayu berharap nantinya peserta menjadi Duta Prokes di tempat mereka mengabdi.

“Jadi, kami minta nantinya dari kelompok KKN menjadi Duta Prokes dengan cara menggencarkan protokol kesehatan di desa tersebut. Dan kami juga minta kepada pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) untuk memberikan penghargaan bagi peserta yang bisa menjadikan desa tempat mereka mengabdi menjadi desa yang taat dengan protokol kesehatan,” harapnya.

doc Ukhuwah

Di tempat yang sama, Ketua LP2M Prof. Dr. Paisol Burlian, M.Hum mengatakan telah memikirkan konsep matang untuk mengadakan KKN secara offline.

“Kami minta untuk seluruh mahasiswa untuk mematuhi protokol kesehatan. Dan ini sudah kami bagikan di laman website LP2M saat mereka mendaftar. Dan kami harap, 2000 peserta ini dan 60 Dosen Pendamping Lapangan (DPL) bisa bekerjasama dengan baik,” ujarnya.

Paisol menambahkan, esok, Rabu (24/2/21) adalah penyerahan peserta KKN yang akan diserahkan langsung oleh Rektor UIN RF kepada H Nasrun Umar sebagai Plh Bupati Muara Enim di Ruang Perpustakaan Kampus B UIN RF, Jakabaring.

“Perwakilan seluruh kelompok nantinya akan diserahkan pada esok hari. Sekaligus pembekalan selanjutnya dari beberapa pemateri,” tungkasnya.

Reporter : Yuni Rahmawati
Editor : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *