Begini Cara Pilih Prodi dan Jadwal SPAN-UM PTKIN 2022

Sumber : http://www.pendaftaranmahasiswa.web.id/

Halo sahabat Ukhuwah, cermat dalam memilih Program Studi (Prodi) sangatlah penting dilakukan oleh calon mahasiswa yang ingin mendaftar Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Ujian Masuk (SPAN-UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Bagi calon mahasiswa terdapat dua jalur masuk yakni SPAN dan UM, yang mana kedua jalur tersebut memiliki cara tersendiri untuk memilih prodi. Sederhanyanya, Jalur SPAN PTKIN merupakan seleksi secara nasional berdasarkan prestasi akademik, nilai rapor, dan prestasi lain tanpa ujian tertulis.

Sedangkan UM PTKIN merupakan ujian masuk berbasis komputer yang terdiri dari tes kemampuan dasar, tes kemampuan bidang IPA, dan tes kemampuan bidang IPS. Terdapat 58 PTKIN dan 1 universitas negeri.

Melansir laman SPAN-UM PTKIN, jumlah kuora dari SPAN PTKIN minimal 20 persen di tiap perguruan tinggi dan minimal 40 persen UM PTKIN di tahun 2022.

Ketentuan Memilih Prodi di SPAN PTKIN

– Calon mahasiswa memilih dua PTKIN yang diminati

– Calon mahasiswa memilih dua prodi yang diminati di tiap PTKIN

– Urutan memilih PTKIN dan prodi menyatakan prioritas pilihan

– Daftar Prodi dan daya tampung SPAN PTKIN

Ketentuan Memilih Prodi di UM PTKIN

– Kelompok ujian calon mahasiswa akan ditentukan berdasarkan pilihan prodi peserta. Artinya apabila peserta memilih prodi IPA disemua pilihan, maka kelompok ujian peserta adalah IPA. Begitupun sebaliknya apabila memilih prodi IPS

– Semua kelompok ujian (IPA/IPS) dapat emilih minimal satu prodi dan maksimal tiga prodi

– Urutan dalam pemilihan prodi tetap menyatakan prioritas pilihan

– Setiap peserta bebas memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN seluruh Indonesia

Ujian pada kali ini dilakukan dengan satu tipe, yakni Sistem Seleksi Elektronik atau SSE dengan menggunakan komputer. Artinya SSE tidak lagi menggunakan kertas, baik untuk naskah soal maupun jawaban.

Syarat Umum dan Jadwal SPAN PTKIN

Calon mahasiswa merupakan siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren kelas terakhir pada tahun 2022 dan memiliki prestasi akademik serta memnuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Kemudian memiliki Nomor Induk Siwa Nasional (NISN) dan nilai rapor kelas XI/1, XII/2, dan XII/1 yang telah diisikan di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Adapun jadwalnya yakni;

– Pengisian PDSS : 7-28 Februari 2022

– Verifikasi PDSS : 7-28 Februari 2022

– Pendaftaran siswa : 4-31 Maret 2022

– Pengumuman hasil seleksi : 15 April 2022

– Proses verifikasi dan atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi

Syarat Umum dan Jadwal UM PTKIN

Calon mahasiswa merupakan siswa lulusan tahun 2020,2021, dan 2022 dari MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Bagi lulusan tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki ijazah, sedangkan lulusan tahun 2022 harus mempunyai surat keterangan lulus atau ijazah.

Sebelum pelaksanaan ujian, ijazah atau surat keterangan lulus akan divalidasi terlebih dahulu. Kemudian memiliki kesehatan yang memadai agar tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

Jadwal UM PTKIN dimulai dari;

– Pendaftaran/pembayaran : 25 April – 4 Juni 2022

– Finalisasi pendaftaran : 25 April – 4 Juni 2022

– Pelaksanaan uji coba ujian : 7-10 Juni 2022

– Pelaksanaan ujian 14-17 Juni 2022 secara daring dari rumah dengan ketentuan yang ditetapkan

– Pengumuman : 30 Juni 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *