Bahas Disabilitas, Dodi Reza : Mereka Miliki Kelebihan Sendiri

Penyampaian kata sambutan oleh Dodi Reza Alex pada webinar nasional Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah. Senin, (05/07). Sumber : Doc ukhuwah

Palembang – Ukhuwahnews | Penyandang disabilitas akan diberikan hak yang sama dengan orang pada umumnya. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Dodi Reza pada webinar nasional Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah. Senin, (05/07) kemarin.

Dodi Reza Alex mengatakan disabilitas bukanlah kekurangan, melainkan sebuah anugerah yang harus diperhatikan.

“Mereka ini fisiknya boleh terbatas, tapi kebanyakan memiliki kemampuan yang tidak biasa dari orang normal,” kata bupati Musi Banyuasin ini.

Sependapat dengan Dodi, di webinar yang sama, Amran Suadi selaku Hakim Agung RI mengatakan, penyandang disabilitas juga bisa jadi hakim.

“Bukan alasan orang disabilitas tidak bisa jadi hakim. Asal tidak memiliki kekurangan yang berat seperti mata, mulut, dan telinga,” ujarnya.

Amran menegaskan asal profesional, berperilaku adil dan jujur, semuanya bisa jadi hakim.

Terlihat Rektor UIN Raden Fatah, Nyayu Khodijah pada webinar nasional. Senin, (05/07) kemarin. Sumber : Doc ukhuwah

Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah, Nyayu Khodijah mengatakan, seorang disabilitas harus mendapat hak yang sama.

“UIN Raden Fatah juga membuka peluang yang sebesar-besarnya. Penyandang disabilitas tetap punya hak yang sama untuk menjadi bagian dari civitas akademika,” ungkapnya pada webinar yang bertema “perlindungan hukum untuk kaum disabilitas” tersebut.

Reporter : Odelia Winneke Putri
Editor : Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *